Easy Slider jQuery Plugin Demo
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
  • Css Template Preview
Jumat, 07 April 2017 - 11:40:40 WIB
Bharawana Melaksanakan Training Alam Bebas Lanjutan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: seputar unjani


Training Alam Bebas Lanjutan adalah masa bimbingan Anggota Muda Bharawana dimana pada kegiatan tersebut merupakan sarana transformasi ilmu dan pengalaman dari Instruktur maupun senior di Bharawana untuk mengupgrade kemampuan Anggota Muda Bharawana agar siap terjun ke lapangan. Kegiatan ini merupakan proses yang harus dilaksanakan oleh Anggota Muda Bharawana sebagai salah satu syarat untuk menjadi Anggota Penuh Bharawana.

Training Alam Bebas Lanjutan dilaksanakan 4 kali dengan sub materi lanjutan dari masing-masing divisi yang ada di Bharawana, yaitu Divisi I/Hutan Gunung, Divisi II/Tebing, Divisi III/Olah Raga Arus Deras (ORAD), dan Divisi IV/Search And Rescue (SAR).

Training Alam Bebas Lanjutan diawali dari Divisi II/Tebing yang dilaksanakan pada tanggal 10-12 Februari 2017 di Tebing Citatah 125, Padalarang. Pada kegiatan ini seluruh Anggota Muda melaksanakan proses pemanjatan sampai dengan Top Tebing Citatah 125 dengan materi yang dipraktikan, yaitu Pemanjatan Artificial, Pemanjatan Chimney, Pemanjatan Sport, Penambatan Kering dan Basah, Rappeling, dan Ascending (Prusiking).

2 minggu setelah pelaksanaan Training Alam Bebas Lanjutan Divisi II/Tebing, pada tanggal 24-26 Februari 2017 dilaksanakan Training Alam Bebas Lanjutan Divisi I/Hutan Gunung di Rancaupas, Ciwidey. Pada kegiatan ini Anggota Muda mempraktikan materi Manajemen Perjalanan dan Navigasi Darat yang meliputi pembukaan jalur dan Orienteering.

Pada tanggal 10-12 Maret 2017 Training Alam Bebas Divisi IV/Search And Rescue (SAR) dilaksanakan di Gunung Padakasih, Gunung Jatinunggal, dan Gunung Panganten. Materi yang dipraktikan ialah penyisiran, assesmen, dan simulasi ke lokasi bencana longsor di Cililin.

Yang terakhir Training Alam Bebas Lanjutan Olah Raga Arus Deras (ORAD) dilaksanakan pada tanggal 24-26 Maret 2017 di Sungai Ciwulan, Tasikmalaya dengan materi yang dipraktikan, yaitu Scouting, Portadging, Renang Aktif dan Pasif, Melempar Tali Rescue, Flip Perahu, praktik Mendayung dan yang terakhir Pengarungan.

 

Dengan dilaksanakannya Training Alam Bebas Lanjutan ini Anggota Muda disiapkan untuk menjadi Insan Petualang yang terlatih dan tangguh sehingga siap terjun ke medan manapun dan dengan kondisi apapun.