Universitas Jenderal Achmad Yani memperoleh Peringkat 1: Pendanaan PKM 5 Bidang Tahun 2020 di LLDIKTI Wilayah IV

Universitas Jenderal Achmad Yani memperoleh Peringkat 1: Pendanaan PKM 5 Bidang Tahun 2020 di LLDIKTI Wilayah IV

(Humas Unjani) –  Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) adalah program dibawah naungan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk mendukung mahasiswa mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Berdasarkan Pengumuman dengan No: 1686/E2/TU/2020 tertanggal 5 Agustus  2020, perihal pendanaan PKM 5 Bidang Tahun 2020. Universitas Jenderal Achmad Yani berada di peringkat 1 dimana menyumbang 15 kelompok yang lolos pada skema Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE). Seluruh kelompok tersebut memperoleh total dana Rp. 73.000.000,- dan merupakan jumlah pendanaan tertinggi di LLDIKTI Wilayah IV. LLDIKTI Wilayah IV sendiri terdapat 38 PTS yang menerima dana dengan total perolehan Rp. 417.500.00,-

Lima belas kelompok yang lolos berasal dari Prodi Informatika menyumbang 6 kelompok, Prodi Farmasi dengan 4 kelompok, Prodi Kimia dengan 3 kelompok, Prodi Teknik Metalurgi 1 kelompok dan Prodi Teknik Kimia 1 kelompok. Dengan dosen pembimbing sebagai berikut:

  1. Dr. Esmeralda C. Djamal, ST., MT (Prodi Informatika) membimbing 5 kelompok
  2. Dr. Valentina Adimurti K., Dra. M.Si (Prodi Kimia) membimbing 2 kelompok
  3. apt. Dr. Soraya Riyanti, M.Si (Prodi Farmasi) membimbing 2 kelompok
  4. Dr. Kusharjanto, ST, MT (Prodi Tek. Metalurgi) membimbing 1 kelompok
  5. Dr. Putu Teta, ST, MT (Prodi Tek. Kimia) membimbing 2 kelompok
  6. apt. Puspa Saridewi, M.Si (Prodi Farmasi) membimbing 1 kelompok
  7. apt. Akhirul Kahfi Syam, M.Si (Prodi Farmasi) membimbing 1 kelompok
  8. Ridwan Ilyas, S.Kom, MT (Prodi Informatika) membimbing 1 kelompok

Universitas Jenderal Achmad Yani mendukung sepenuhnya mulai dengan membuat Tim Pengelola Persiapan PKM yang diharapkan dapat memaksimalkan peluang Tim PKM Universitas Jenderal Achmad Yani ke Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS).

PKM tahun 2020 sedikit berbeda dikarenakan berada dalam kondisi Pandemi Covid-19 sehingga semula seluruh penelitian yang dilakukan di Laboratorium dialihkan dan diganti menjadi metode daring dengan membuat Narrative Review yang akan menjadi patokan penilaian.  Seluruh pencarian data, penyusunan artikel serta laporan dilakukan secara daring.

Capaian PKM Universitas Jenderal Achmad Yani menunjukkan keseriusan segenap jajaran mulai dari pimpinan Universitas, Fakultas dan Program Studi untuk meningkatkan kualitas  keilmuan, kreatifitas dan inovasi di lingkungan kampus. Segenap civitas akademik Universitas Jenderal Achmad Yani senantiasa mendoakan seluruh tim dapat memberikan hasil yang terbaik. (Akhirul/Akhirul)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *