Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi Gelar Pelatihan Simkatmawa

Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi Gelar Pelatihan Simkatmawa

(Humas Unjani) – Mahasiswa, keberadaannya dikampus memiliki peran sangat penting dalam membawa perguruan tinggi menjadi mashur dan terkenal. Namun sering kali kurang mendapat perhatian terhadap potensi, bakat, minat, penalaran, dan kreativitas yang dimiliki mereka, apalagi sampai pada mewadahi, mendampingi, mengarahkan, hingga membina sampai meraih prestasi.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjendikti), membuat panduan tentang berbagai macam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang tujuannya untuk mengukur mutu Mahasiswa indonesia, dimana instrumennya adalah Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa).

Aktivitas Kinerja kemahasiswaan diperguruan tinggi tidak hanya akademik semata (hardskill), namun ada aktivitas/kegiatan-kegiatan lain dalam bidang iptek, olah raga dan seni tentunya yang mendukung kegiatan akademik (softskill), yang mana prestasinya tercatat dan terdokumentasi. Dari prestasi tersebut Kemdikbud menentukan pemeringkatan kemahasiswaan sebuah perguruan tinggi.

Guna memenuhi target tersebut kantor wakil rektor 3 bidang kemahasiswaan, kerjasama dan alumni Universitas Jenderal Achmad Yani mengadakan pelatihan Simkatmawa selama 2 hari (27-28/8), di ruang rapat pimpinan Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi yang berlangsung secara daring/zoom meeting.

Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., dalam sambutannya sangat mendukung kegiatan tersebut, ini sejalan dengan amanah KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa, selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Kartika Eka Paksi, ungkap beliau. Lebih jauh Rektor mengatakan agar lebih fokus dalam menangani hal tersebut, akan dibuatkan unit khusus yang mengelolanya dibawah bidang kemahasiswaan. Sehingga pengelolaan kegiatan –kegiatan kemahasiswaan yang berorientasi Simkatmawa dapat berjalan dengan baik, dapat terdokumentasi dengan baik dan dapat meraih prestasi, ucap rektor. Pelatihan selama 2 hari tersebut di ikuti sekitar 90 mahasiswa dan dosen (daring), dengan narasumber Suherman, S.Si., M.Sc., Ph.D., dari UGM. Turut hadir mendampingi Rektor adalah Wakil Rektor 3 dr.Dewi Ratih Handayani, M.Kes., Kepala Biro Kemahasiswaan Dr. Velentina Adimurti K, Dra., M.Si., Kabag Kemahasiswaan Dr. Mochamad Vrans Romi,S.E., M.M., Kabag Kerjasama Dr. Arlan Siddha, S.I.P., M.A., dan jajaran staf kantor bidang kemahasiswaan. (Suhaeli/Suhaeli)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *