Rektor Kukuhkan 3.028 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021

Rektor Kukuhkan 3.028 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021

(Humas Unjani) – Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., mengukuhkan 3.028 mahasiswa baru Selasa (22/9), dalam acara Sidang Senat Terbuka yang dilaksanakan di Gedung Sasana Krida kampus Cimahi secara daring. Dalam acara tersebut mahasiswa baru hanya diwakili 8 orang saja yang hadir secara fisik, yang mencerminkan 8 Fakultas, yakni Fakultas Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Sains dan Informatika, Kedokteran, Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan, Psikologi , Farmasi dan Fakultas Teknologi Manufaktur.

Rektor dalam pidato sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa baru dan orang tua mahasiswa, yang telah mempercayakan dan memilih Universitas Jenderal Achmad Yani sebagai tempat studi lanjut. “Percayalah.., putra putri bapak/ibu akan mendapat pendidikan yang terbaik di Universitas Jenderal Achmad Yani”, ungkap Rektor. Lebih lanjut Rektor menyampaikan tentang pengembangan Universitas Jenderal Achmad Yani menuju smart digital campus, yang tidak lama lagi akan segera dimulai pembangunannya. Hal tersebut mendapat dukungan penuh dari bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP). Saat dikonfirmasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2020/2021, Rektor menjelaskan adanya penurunan sekitar 12 persen dari target sekitar 3500 mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan adanya dampak pandemi covid 19, yang juga dirasakan oleh teman-teman perguruan tinggi lain.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi, Mayjen (Purn.) Adi Mulyono yang memakaikan Jas Almamater kepada perwakilan mahasiswa baru  sebagai tanda pengukuhan, dalam sambutannya berharap agar selama menimba ilmu di Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, dapat menjadi mahasiswa yang loyal dan bertanggung jawab. Loyal dalam pengertian memiliki kepatuhan dan kesetiaan dalam bentuk patuh terhadap tata tertib, norma, etika, peraturan dan ketentuan yang berlaku, menjaga dan memelihara nama baik almamater, dan turut serta mewujudkan kampus Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi yang ilmiah, edukatif dan religius sebagaimana “janji” yang di ucapkan dalam pengukuhan.

Adapun bertanggung jawab, dimaksudkan sebagai wujud kesadaran akan kewajiban para mahasiswa untuk meraih keberhasilan. Harus disadari bahwa keberhasilan dalam studi akan sangat bergantung kepada usaha para mahasiswa sendiri. Karenanya, belajar dan berlatihlah dengan giat, baik dalam bidang akademik maupun dalam bidang organisasi kemahasiswaan yang tersedia di lingkungan kampus. Di sisi lain, para mahasiswa juga harus bertanggung jawab kepada orang tua. Karena orang tua telah bersusah payah, bahkan membanting tulang untuk dapat membiayai, dengan harapan putra putrinya dapat berhasil dalam belajar di perguruan tinggi. Balaslah perjuangan orang tua saudara dengan belajar tekun, berdisiplin dan bersungguh-sungguh agar sukses dalam studi, dan berhasil menyandang gelar sarjana dengan prestasi yang membanggakan.(Suhaeli/Suhaeli)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *