Universitas Jenderal A. Yani Siapkan Program Studi Magister Sistem Informatika Medis

Universitas Jenderal A. Yani Siapkan Program Studi Magister Sistem Informatika Medis

(Humas Unjani) – Berkunjung ke Pusat Kesehatan Tentara Nasional Indonesia (Puskes TNI) Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., didampingi Wakil Wakil Rektor 1 Bidang akademik Dr. Agus Subagyo, S.I.P., M.Si., Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, dr. Dewi Ratih Handayani, M.Kes., Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Sutrisno, S.H., M.A.R.S., M.H.Kes., Dekan Fakultas Sains dan Informatika Hernandi Sujono, S.Si., M.Si.,  diterima langsung oleh Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayor Jenderal TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H. beserta jajaran staf, Kamis (5/11).

Dalam acara tersebut Rektor mengemukakan tentang maksud dan tujuan kunjungan, yakni tentang progres/persiapan pengembangan program studi Pascasarjana/Magister dilingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, tentunya dengan kekhsan nuansa militer.  Agar lebih tepat sasaran dan mencapai target pasar input, output dan outcome sumber daya manusia (sdm), dan sejalan dengan smart digital campus universitas Jenderal Achmad Yani, maka harus dilaksanakan studi kelayakan guna meyakinkan masyarakat dan mendukung penguatan konsentrasi bidang ilmu kajian, jelas Rektor.

Kapuskes TNI dalam bincang-bincang di forum tersebut sangat mendukung akan adanya pascasarjana system informatika yang direncanakan Rektor. Lebih jauh Kapuskes menjelaskan bahwa saat ini kemajuan teknologi system informasi di era digital sangat membantu dalam bidang kesehatan dan manajemen rumah sakit, dan masih mungkin untuk dikembangkang lebih lanjut dalam bidang terkait. Saat ini  fungsi-fungsi informasi data pengawasan, pelayayan, administrasi, pendapatan, penugasan rumah sakit akurasinya dapat dipastikan, dan ini diperlukan sdm khusus yang terampil dalam bidang IT, ungkap Beliau.

Dalam kesempatan tersebut rombongan Universitas Jenderal Achmad Yani juga  mendapat penjelasan paparan materi kajian tentang prospektus pengembangan pascasarjana Informatika Medis dari tim IT Puskes TNI. (Suhaeli/Suhaeli)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *