Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal A. Yani Sosialisasikan Cara Menolong Korban Akibat Kecelakaan Bermotor

Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal A. Yani Sosialisasikan Cara Menolong Korban Akibat Kecelakaan Bermotor

(Humas Unjani) – Fakultas Kedokteran (FK) Univrsitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Manufaktur (FTM) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tentang penanganan Awal Trauma pada kecelakaan dan penanganan keadaan darurat kendaraan bermotor, Jumat (6/11) di aula gedung Sutan dr. Dikot Harahap dan area sekitar gedung dekanat FK Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi. Kegiatan tersebut merupakan program pengabdian masyarakat yang didukung oleh lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat  (LPPM) Universitas Jenderal Achmad Yani, yang diketuai oleh Hendri Priyadi, dr., M.Kes., SpPD., M.Med.Ed.

Sasaran pelatihan diberikan kepada masyarakat para pengguna kendaraan sepeda motor pada umumnya. Karena situasi pandemi covid 19, guna menghundari kerumunan yang besar, maka pelatihan diikuti oleh komunitas/club motor di lingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani yang tergabung dalam Unjani Motorist Community (UMC). Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para pengguna sepeda motor UMC ini menjadi bikers telatih yang mampu melakukan penanganan awal bila terjadi kedaruratan trauma pada kecelakaan kendaraan bermotor dan juga trampil menangani kendala/kerusakan yang terjadi pada kendaraan bermotor yg mereka pergunakanan selama di perjalanan, demikian rilis yang disampaikan oleh dr. Fransiska Ambarukmi, M.Kes, selaku tim Pengmas FK.

Gagasan/ide dari kegiatan ini dikarenakan semakin meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor sehingga resiko kecelakaan dan kerusakan pada pengguna sepeda motor pun meningkat. Untuk itu para pemilik kendaraan dan para pengguna sepeda motor dirasakan perlu diajarkan cara menangani korban kecelakaan sepeda motor mulai dari melepas helm, memindahkan korban, melakukan penanganan awal trauma seperti patah tulang atau terkilir, karena memerlukan keterampilan tertentu agar tidak salah penanganan, karena kalau sembarang tidak memiliki dasar  pengetahuan, dapat mengakibatkan menambah cidera baru. Demikian diungkapkan dr. Hendri saat dikonfirmasi  pada saat memimpin simulasi/praktek cara penanganan korban akibat kecelakaan kendaraan bermotor. Sedangkan tips untuk penanganan  terhadap trouble pada kendaraan bermotornya, mereka diajarkan cara melakukan perawatan dan pengecekan sepeda motor, bagaimana mengecek dan menangani kondisi darurat kendala mesin sepeda motor.

Kegiatan dalam rangka program pengabdian masyarakat FK Universitas Jenderal Achmad Yani tersebut di ikuti sekitar 50 orang, dilaksanakan melaui webinar dan simulasi praktek yang digilir dalam sift dan kelompok-kelompok kecil untuk menghindari kerumunan.

Adapun yang menjadi narasumber dalam webinar penanganan awal trauma dan keadaan darurat kendaraan bermotor tersebut adalah;

Lukmana Lokaryana, dr., Sp.B., KBD., FINACISM, Hendri Priyadi, dr., Sp.PD., M.Kes., M.Med.Ed., Dr. Damawidjaya Biksono, S.T., M.T., dengan moderator Fransiska Ambarukmi, dr., M.Kes. Peserta yang mengikuti webinar dan simulasi praktek diharapakan dapat menjadi perintis jalan (pionir) untuk menularkan pengetahuan yang didapat kepada masyarakat dilingkungan tempat tinggal masing-masing. (Suhaeli/Suhaeli)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *