Momentum Hari Pahlawan, Universitas Jenderal Achmad Yani Dapat Hibah Meriam 76 MM/Tarik M48A1B1 Bersejarah

Momentum Hari Pahlawan, Universitas Jenderal Achmad Yani Dapat Hibah Meriam 76 MM/Tarik M48A1B1 Bersejarah

(Humas Unjani) – Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., menerima hibah Meriam Kaliber 76 mm./Tarik M48A1B1 dari Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) Kodiklat TNI AD untuk dijadikan monumen dikampus Universitas Jenderal Achmad Yani. Penyerahan berlangsung dalam upacara sederhana Selasa (10/11), di area kampus lokasi tepat dimana Meriam 76 mm./Tarik M48A1B1ditempatkan. Komandan Pussenarmed Mayor Jenderal TNI Dwi Jati Utomo, S.I.P., M.Tr.(Han). yang berhalangan hadir karena dinas, diwakilkan kepada Direktur Umum Brigadir Jenderal TNI Dedi Sastrawan, S.I.P., M.M., yang  membacakan sejarah singkat Meriam 76 mm./Tarik M48A1B1. Dalam uraiannya, Meriam 76 mm./Tarik M48A1B1 memiliki spesifikasi antara lain jarak tembak 8750 M, bobot 720 Kg., panjang 2040 mm., lebar 1460., tinggi 1220 mm., negara asal Yugoslavia, diproduksi tahun 1948 dan didatangkan di Indonesia tahun 1959. Meriam jenis tersebut pun telah digunakan pada operasi pemberantasan pemberontakan Permesta di Minahasa sulawesi tahun 1959, pemberantasan pemberontakan DI/TII di Sulawesi Selatan 1964, operasi Seroja di Timor Timur tahun 1975-1988, dll. Alutsista tersebut digunakan oleh satuan Artileri Medan TNI AD, antara lain di bataliyon Armed 2 sampai batalion Armed 13 dan 15, yang tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia, sampai saat ini masih ada yang menggunakan, namun sebagian besar sudah mengalami modernisasi.

 Bertepatan dengan Hari Pahlawan kali ini, mari kita tunjukan kontribusi kita kepada Bangsa dan Negara dengan menjadi pahlawan masa kini, yang memiliki empati untuk saling mengharai dan menghormati satu sama lain, demikian diungkap Komandan Pussenarmed dalam naskah sambutan beliau.

Sementara itu, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., mengatakan dalam sambutannya bahwa Universitas Jenderal Achmad Yani merupakan anak kandung dari TNI AD, dimiliki oleh TNI AD melalui Yayasan Kartika Eka Paksi. Jadi saya sebagai Rektor yang mendapat amanah dari bapak KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa beserta segenap sivitas akademika sangat berterima kasih dan sangat bangga menerima hibah Meriam 76 mm./Tarik M48A1B1 ini untuk dijadikan monumen, ungkap Rektor.

Lebih lanjut beliau mengatakan hibah ini berkorelasi dengan visi dan misi  Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi yang sedang menata lanscape / master plan kampus, menuju smart digital campus yang sudah terprogram dan disetujui oleh bapak KASAD. Dalam pengembangan dan pembagunannya nanti, memiliki ciri khas nuansa militer yang kuat, sebagaimana Naval Posgraduate School (NPS) di monterey, Los Angeles, Califonia, Amerika, milik Angkatan Laut Amerika. Selain itu, Universitas Jenderal Achmad Yani juga akan memberikan kontribusi bagi pembangunan SDM di TNI AD, yakni memberikan kesempatan studi lanjut bagi prajurit/personel TNI AD meskipun mereka tidak harus hadir dikampus. Bapak KASAD juga sudah menyetujui pembangunan ICT beserta fasilitasnya untuk mendukung program tersebut, ucap Rektor dalam pidatonya.

Acara peresmian monumen tersebut diakhiri dengan penandatanganan prasasti, dan photo bersama, yang dihadiri Inspektorat Pussenarmed Brigjen TNI Umar Sanusi, S.Sos., M.Si., yang mewakili komandan Pussenarhanud, yang mewakili Komandan Brigif 15 Kujang Kodam III/Siliwangi, Kodim 0609, Koramil, Wakil Rektor 1,2 dan 3 Universitas Jenderal Achmad Yani, para Ka Biro, SPM, SPI, LPPM, para Kabid, para Dekan Fakultas, perwakilan para dosen dan Mahassiwa.(Suhaeli/Suhaeli)                 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *