Penandatanganan Nota Kesepahaman Universitas Jenderal Achmad Yani dan Universitas Nurtanio

Penandatanganan Nota Kesepahaman Universitas Jenderal Achmad Yani dan Universitas Nurtanio

(Humas Unjani) – Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani didampingi oleh Wakil Rektor 1, 2 dan 3 menerima kunjungan Rombongan dari Universitas Nurtanio Bandung pagi ini (19 November 2020). Kedatangan rombongan Universitas Nurtanio dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Jenderal Achmad Yani dan Universitas Nurtanio. Rombongan terdiri dari Dr. Sukmo Gunardi, M.Si. (Rektor), Dr. Atik, M.Si (Warek 1), M. Satar, SE., MM (Warek 3), Rita Margaretha, S.IP., M.Si. (Karo APSI), dan Susilo Pradewo, ST. (Staf Dokumentasi)

Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D selaku Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani menuturkan dalam sambutannya bahwa kedua universitas memiliki kesamaan dimana berada dibawah Yayasan TNI sehingga kerjasama seluruh PTS dibawah yayasan TNI-Polri harus digalakkan dan direalisasikan dengan baik agar seluruh PTS dibawah TNI-Polri memiliki nama yang sama baiknya dengan TNI-Polri di seluruh Indonesia.

Selanjutnya Rektor mencontohkan kondisi seleksi penerimaan mahasiswa baru di masih terpusat di Cimahi dan Jawa Barat sehingga saat calon mahasiswa dari timur dan barat Indonesia ingin ikut seleksi diharuskan untuk mengeluarkan dana yang cukup tinggi. Sehingga Rektor menggagas ide bahwa harus diadakan Ujian Masuk Terpadu yang diadakan oleh PTS dibawah TNI-Polri bekerja sama dengan Kodam di seluruh Indonesia sebagai tempat Ujian dan menggunakan sistem Ujian Online dengan dukungan ICT.

Inovasi dan terobosan bentuk kerjasama dibidang akademik juga disampaikan oleh Rektor Universtas Jenderal A. Yani yaitu dual degree dimana mahasiswa dapat memperoleh dua gelar sarjana dari 2 Institusi namun hal ini harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait agar tidak melanggar aturan yang berlaku.

Rektor Universitas Nurtanio dalam kesempatan yang serupa menyampaikan apresiasi kepada Universitas Jenderal Achmad Yani atas capaian dimana memiliki animo peminat yang lebih tinggi dibandingkan dengan universitas lainnya di lingkungan TNI-Polri. Hal ini dapat menjadi motivasi bagi Universitas Nurtanio untuk mengikuti jejak positif dari Universita Jenderal Achmad Yani. Disamping itu Dr. Sukmo Gunardi, M.Si. menyambut baik gagasan Ujian Masuk Terpadu dan Dual Degree sebagai bentk realisasi dari “Kampus merdeka dan merdeka belajar”.

Acara penandatanganan dilakukan antara kedua Institusi diwakili langsung oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani dan Universitas Nurtanio di Ruang Rapat Rektorat. Selanjutnya Rektor Universitas Jenderal A. Yani mengajak rombongan berjalan berkeliling di lingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani dan Gedung TNI Adi Mulyono. (Akhirul/Akhirul)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *