Orasi Ilmiah Rektor Univ. Jenderal A. Yani Terkait Terorisme di Wisuda STHM

Orasi Ilmiah Rektor Univ. Jenderal A. Yani Terkait Terorisme di Wisuda STHM

(Humas Unjani) – Rektor Univ. Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana berkesempatan hadir dalam acara wisuda Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) angkatan XXII pada tanggal 21 November 2020 untuk memberikan orasi ilmiah bertajuk ‘Urgensi Penerbitan Perpres Bagi Pelibatan TNI Atas Aksi Terorisme Yang Bertujuan Untuk Mengubah Bentuk Dan Ideologi Negara.

Rektor menjelaskan bahwa penindakan aksi terorisme di Indonesia hingga saat ini masih dominan dilakukan melalui pendekatan sistem peradilan pidana mengingat terorisme dikatagorikan sebagai kejahatan. Dalam Undang-undang untuk memberantas terorisme pun masih menggunakan istilah “Tindak Pidana”. Tentu, hal ini tidak sepadan dengan motif tujuan yang melatarbelakangi para pelaku melakukan aksi terorisme yaitu ingin mengubah bentuk dan ideologi bangsa Indonesia.

Dalam konteks ini, terorisme tidak lagi dapat dikatagorikan sebagai kejahatan, tetapi sebagai suatu tindakan yang mengancam kedaulatan dan eksistensi NKRI serta keselamatan bangsa.

Oleh karena itu, sudah seharusnya Perpres tersebut diterbitkan sehingga adanya kejelasan tugas serta batasan pelibatan TNI dalam mengatasi aksi terorisme. Terlebih lagi telah diamanatkan dalam UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. (Bimbi/Bimbi)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *