FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani Berikan Pelatihan Kepemimpinan Bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kabupaten Bandung dan Bandung Barat

FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani Berikan Pelatihan Kepemimpinan Bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kabupaten Bandung dan Bandung Barat

(Humas Unjani) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), memberikan pelatihan kepemimpinan kepada para kepala desa dan perangkat desa se Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Selasa (1/12) di aula Gedung Jenderal Mulyono FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi. Kegiatan tersebut merupakan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fisip Universitaas Jenderal achmad Yani sebagai bagian dari melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Demikian disampaikan Dekan FISIP Dr. Agus Subagyo, S.IP., M.Si., selaku ketua tim Pengmas saat menyampaikan sambutannya. Lebih lanjut Agus mengatakan sebagai perguruan tinggi yang keberadaannya di apit dua kabupaten besar, sudah seyogyanya FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani yang memiliki Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Magister ilmu Pemerintahan memberikan ilmu pengetahuan kepada para kepala desa dan perangkat desa, agar dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam pembangunan desa dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di desanya masing-masing dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan tatakelola manajemnen pemerintahan..   

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., dalam pidatonya mengungkapkan turut prihatin dan sedih atas peristiwa akhir-akhir ini, yakni atas kasus operasi tangkap tangan (OTT) Menteri KKP oleh KPK  dimana Prof Hikmahanto di kementerian tersebut sebagai penasehat Menteri KKP, yang satunya lagi saya sebagai Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani yang berlokasi di Kota Cimahi juga mengalami hal yang sama, ucap beliau. Oleh karena itu Rektor dalam momentum tersebut memberikan arahan dan nasehat dihadapan para peserta pelatihan agar bersungguh-sungguh dalam menjalankan amanah sebagai kepala desa, perangkat desa yang menggunakan APBD/dana desa, tidak tergiur dalam kepentingan sesaat, untuk memperkaya diri, dan lain sebagainya yang tidak amanah. Selanjutnya Rektor mengajak kepada peserta jika ingin melaksanakan studi lanjut di Fisip Universitas Jenderal Achmad Yani akan segera hadir teknologi pembelajaran jarak jauh (PJJ), dimana para Kades dan perangkatnya  tidak perlu hadir secara fisik di kampus, cukup ditempatnya para bapak/ibu kepala desa saja.Dalam kesempatan tersebut Rektor juga menyampaikan visi dan misi pengembangan Universitas Jenderal Achmad Yani dalam 4 tahun kedepan  yang disebut “the New Universitas Jenderal Achmad Yani” dalam tampilan Video.

Bupati Kabuoaten Bandung H. Dadang Naser SH., S.I.P, yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Pengmas Fisip Universitas Jenderal Achmad Yani, “ini merupakan momen langka jadi, para kepala desa dan perangkat desa dapat memanfaatkan ini dengan sebaik-baiknya, ungkap H. Dadang. H. Dadang juga bercerita tentang seputar beliau belajar di Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Universitas Jenderal Achmad Yani hingga mendapat gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.I.P).

Pelatihan Kepemimpinan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kabupaten  Bandung dan Kabupatern Bandung Barat juga akan di isi materi oleh Narasumber dosen Pascasarjana Ilmu Pemerintahan FISIP Universitasa Jenderal Achjmad Yani  Prof. Dr. Drs. H. Utang Suwaryo, M.A. (Suhaeli/Suhaeli)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *