Fakultas Farmasi Mengadakan Webinar “Membuat Yoghurt dari Rumah” Sebagai Sarana Transmisi Ilmu dan Teknologi

Fakultas Farmasi Mengadakan Webinar “Membuat Yoghurt dari Rumah” Sebagai Sarana Transmisi Ilmu dan Teknologi

(Humas Unjani) – Salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas). Tujuannya mentransfer ilmu dan teknologi yang sudah dilakukan oleh dosen dan mahasiswanya dalam kegiatan akademik dan penelitian di dalam kampus UNJANI.

Dalam upaya mewujudkan tanggung jawabnya dalam mencerdaskan masyarakat di lingkungan sekitar UNJANI, maka sivitas akademika Fakultas Farmasi menjadwalkan kegiatan Pengmas secara rutin setiap tahun pada semester gasal. Kegiatan rutin yang terjadwal adalah kegiatan Pengmas yang melibatkan mahasiswa Program Profesi Apoteker dan kegiatan yang bersifat tentatif dilaksanakan oleh dosen yang tergabung dalam kelompok keilmuan dalam Fakultas Farmasi, yaitu : Farmakologi, Teknologi Farmasi, Biologi Farmasi dan Kimia Farmasi Analisis.

Kegiatan Pengmas yang terjadwal rutin setiap tahun melibatkan mahasiswa Program Profesi Apoteker yang telah selesai melaksanakan seluruh kewajiban akademik selama 2 semester dan telah dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia serta tinggal menunggu Prosesi Pengambilan Sumpah / Janji Apoteker. Seluruh mahasiswa dibagi menjadi  rata-rata 10 kelompok kegiatan yang dibimbing oleh masing-masing 2 orang dosen. Contoh kegiatan yang dilakukan adalah : penyuluhan tentang obat, penyuluhan tentang bahaya infeksi/pandemi, penyuluhan tentang pangan dan bahan tambahan pangan, penyuluhan tentang herbal/jamu dan obat tradisional dan balai pengobatan gratis. Peserta penyuluhan adalah masyarakat dalam kelompok seperti : siswa-siswi SD, SMP, SMA, Ibu-ibu PKK dan masyarakat umum. Kegiatan Pengmas rutin ini merupakan sarana pelatihan  bagi calon Apoteker dalam melakukan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang obat, pangan, kosmetika dan masalah kesehatan lainnya.

Kegiatan Pengmas tentatif dilakukan oleh dosen kelompok keilmuan yang bersifat lebih fokus pada satu topik kajian, misalnya : (1) Edukasi kepada masyarakat tentang bahan kimia berbahaya dalam pangan seperti asam borat/boraks. Edukasi dilakukan dalam format penyuluhan dan video kegiatan. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Kelompok Keilmuan Kimia Farmasi Analisis, Fakultas Farmasi UNJANI, LPPM UNJANI dan Ibu-ibu PKK di salah satu RT di Cibeber, Cimahi. (2) Edukasi kepada masyarakat tentang teknik sederhana pembuatan yogurt. Kegiatan ini hasil kerjasama antara Kelompok Keilmuan Kimia Farmasi Analisis, Fakultas Farmasi UNJANI dengan LPPM UNJANI dan SMPIT Budi Luhur, Cimahi. Kegiatan dikemas dalam format webinar dan streaming youtube.

Alhamdulillah, seluruh rangkaian kegiatan webinar Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh semua dosen dari Kelompok Keilmuan Kimia Farmasi Analisis, Fakultas Farmasi, UNJANI telah terlaksana dengan lancar pada hari Sabtu, 5 Desember 2020 jam 09.00-11.15 WIB. Kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan dana Hibah Internal Gelombang ke II, LPPM UNJANI bekerja sama dengan SMPIT Budi Luhur Cimahi.

Kegiatan berlandaskan pada keadaan pandemi covid-19 saat ini yang menyebabkan siswa-siswi SMP banyak yang mengeluh bosan dan jenuh dengan kegiatan rutin pembelajaran di rumah masing-masing. Akhirnya timbul ide dari para dosen untuk membuat kegiatan webinar dengan tema “Pembuatan Yoghurt di Rumah” yang bertujuan memberikan model pembelajaran alternatif untuk siswa-siswa yang tetap berada di rumah dengan mengembangkan ketrampilan dan kreativitasnya.

Format webinar berupa penyuluhan terkait dengan pangan probiotik dan seluruh aspek yang terlibat didalamnya dan teknik ketrampilan pembuatan yogurt yang disampaikan dalam bentuk video dan penyuluhan. Materi penyuluhan tentang pangan priobiotik dipaparkan oleh Dra. apt. Putranti Adirestuti, MS ; dosen pengampu mata kuliah Mikrobiologi Farmasi, Fakultas Farmasi UNJANI. Topiknya berjudul “Minuman Probiotik yang Kaya Gizi dan Rasa”, disampaikan dengan bahasa yang populer agar mudah dimengerti oleh seluruh peserta webinar terutama siswa-siswi SMPIT dan dapat memicu minat dan keingin-tahuannya terkait pangan probiotik. Materi kedua disampaikan oleh apt. Athina Mardatillah, M.Farm., tentang proses produksi yoghurt yang dikemas dalam bentuk video dengan di dukung oleh beberapa artis mahasiswa Fakultas Farmasi, UNJANI. Model penyuluhan seperti ini merupakan salah satu cara yang efektif dalam suasana PSBB. Adanya visualisasi dalam proses produksi yogurt seperti ini diharapkan dapat menyampaikan pesan dengan baik kepada seluruh peserta webinar.

Seluruh rangkaian webinar dapat terselenggara dengan baik dengan dukungan kerja yang kompak dan apik antara Pembawa Acara, apt. Rina Anugrah, MSi. dan moderator apt. Ririn Puspadewi, MSi. serta Tim Teknis : Yuyu, S.Pd., apt. Dadan S., MSi., apt. Anggi G., MSi., mahasiswa Tiara, Fikri, Irwan, Inggi, Ranti, Dila. Dukungan semangat dan perhatian yang tulus juga menjadi kunci kelancaran kegiatan webinar, terutama dari Ibu Dekan Fakultas Farmasi, apt. Wiwiek Indriyati Made, MSi., apt. Mira Andam Dewi, MSi. Dan apt. Afif Abdulbasith, MSi.

Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut agar dapat memberikan manfaat dan berbagi ilmu kepada seluruh masyarakat  disekitar kampus UNJANI, wilayah Cimahi dan lebih luas lagi. (Athina/Athina)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *