Program Studi Kedokteran Gigi Melaksanakan Teledentistry dan Webinar menyambut Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2020

Program Studi Kedokteran Gigi Melaksanakan Teledentistry dan Webinar menyambut Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2020

(Humas Unjani) – Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Unjani tahun ini telah memasuki tahun ke-3 dalam pelaksanaannya setelah diadakan pertama kali pada tahun 2018. Secara nasional, BKGN mulai diadakan sejak tahun 2010 sebagai program rutin tahunan hasil kerjasama antara PT Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent dengan Institusi Pendidikan Kedokteran Gigi (IPDG) se-Indonesia dan juga Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) di beberapa cabang wilayah.

Tema BKGN tahun ini adalah “Kesehatan Gigi dan Mulut Di Masa Pandemi Covid-19”. Sebanyak 25 IPDG dan 50 cabang PDGI diberi kepercayaan oleh PT Unilever Indonesia sebagai pelaksana BKGN tahun ini. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang selalu menyelenggarakan kegiatan secara offline, BKGN tahun ini diselenggarakan secara online sebagai penyesuaian terhadap masa pandemi Covid-19. Terdapat 2 kegiatan utama dalam BKGN tahun ini, yaitu konsultasi online dengan dokter gigi (teledentistry) serta edukasi online dalam bentuk webinar pada masyarakat tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut terutama di masa pandemi. Masyarakat dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut secara gratis atau tanpa dipungut biaya. 

Teledentistry Unjani dilaksanakan pada tanggal 5-7 November 2020 dengan melibatkan operator dan konsultan para dokter gigi alumni Program Studi Kedokteran Gigi Unjani. Masyarakat cukup antusias mengikuti kegiatan ini dilihat berdasarkan banyaknya partisipan yang turut berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulutnya. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini dirasakan cukup sulit bagi masyarakat berkunjung secara langsung ke dokter gigi untuk dapat mengakses pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Adapun kegiatan webinar dilaksanakan 2 hari pada tanggal 9 dan 10 Desember 2020 yang terdiri dari masing-masing 2 sesi setiap harinya. Topik yang dibahas pada webinar BKGN Unjani tahun ini cukup beragam namun sangat menunjang penyesuaian pola hidup sehari-hari di era new normal akibat pandemi Covid-19.  “Protokol Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Era Pandemi Covid-19”, “Aktivitas Luar Ruang di Era Pandemi”, “Telehypnosis Stress Di Masa Pandemi”, dan “Penggunaan Bahan Herbal Sebagai Alternatif Pencegahan Covid-19 Di Bidang Kedokteran Gigi” adalah topik-topik yang dibahas selama 2 hari pelaksanaan webinar dengan narasumber yang sangat kompeten di bidangnya masing-masing. Webinar berlangsung secara interaktif dengan sesi tanya jawab bersama para narasumber. Berbagai kalangan terdaftar sebagai peserta webinar, mulai dari ibu rumah tangga, siswa sekolah, anggota komunitas, dokter gigi / dokter gigi spesialis, dan praktisi kesehatan gigi dan mulut. Di akhir sesi webinar diumumkan pemenang lomba foto dengan tema “Senyum Sehat Di Era Pandemi” yang terbuka untuk masyarakat umum dan telah dimulai sejak bulan Oktober 2020 lalu.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *