Upayakan Pencegahan Cluster Baru Covid 19, FK Universitas Jenderal Achmad Yani Periksa 50 Dokter Muda

Upayakan Pencegahan Cluster Baru Covid 19, FK Universitas Jenderal Achmad Yani Periksa 50 Dokter Muda

(Humas Unjani) – Dokter Muda (Koas) dalam menjalankan praktiknya dirumah sakit, dapat dipastikan akan bersentuhan dengan pasien dan para tenaga medis lainnya. Walaupun para dokter muda tersebut sudah melengkapi dirinya denga APD (Alat Pelindung Diri) yang lengkap, tetap saja mewaspadai kemungkinan  adanya penularan.

Untuk itu, para dosen dilingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani mengadakan kegiatan pemeriksaan Serologi Anti SARS-Cov 2 dan  pemberian Vitamin C dan Zinc kepada 50 dokter muda yang sedang melaksanakan praktik di Rumah Sakit.

Kegiatan pemeriksaan Serologi Anti SARS-Cov 2 dan  pemberian vitamin   berlangsung di Healthy live Clinic , Jalan Caringin 122B Bandung, Minggu (13/12) lalu, merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, demikian dijelaskan dr.Endry Septiadi, M.Kes., selaku ketua tim, saat dikonfirmasi ditempat pelaksanaan. Lebih jauh dr. Hendry menjelaskan pemeriksaan Serologi Anti SARS-Cov 2 berbasis laboratorium,  merupakan tes antibodi yang berakurasi tinggi untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi oleh SARS-CoV-2 atau belum, dan memiliki  akurasi / sensitivitas deteksi hingga mendekati 100 persen. Selain sensitivitas yang tinggi, keunggulan lain dari tes serologi antibodi ini adalah tidak adanya gangguan atau cross reaksi dari virus flu biasa dan coronavirus lain selain SARS-CoV-2, dengan demikian, tes ini dapat mendeteksi antibodi yang timbul dari paparan SARS-CoV-2 atau COVID-19 secara lebih pasti, ungkap dokter Endry.

Kegiatan tersebut juga melibatkan para  dosen terkait dilingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani, antara lain dr. Dewi Ratih Handayani, M.Kes., dr. Iis Inayati Rakhmat, M.Kes., dr. Dinar Mutiara, M.Kes, dr. Jihan Amalia, M.K.M, dr. Siska Telly Pratiwi, M.Kes., dr. Rini Roslaeni, Sp.PK., MMRS., dr. Andri Andrian R, Sp.F., M.Kes., serta dibantu para mahasiswa, antara lain Rifal Aldi Anugrah, M. Akmal Rais, Nur Muhammad Rohman, dan Achmad Hero Prawira.

Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan Serologi Anti SARS-Cov 2 dan pemberian Vitamin C dan Zinc kepada dokter muda tersebut sesuai protokol kesehatan yang ketat dimulai dari cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, pemeriksaan oksimetri, registrasi peserta lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan Anti SARS Cov-2 dan diakhiri dengan pemberian Vitamin C dan Zinc kepada para peserta. Untuk menghindari adanya kerumunan, peserta dibagi dalam 5 sift, selain tetap menjaga jarak, peserta diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan.

Diharapkan kegiatan tersebut dapat secara rutin berkala dilaksanakan setiap  bulannya sebagai bentuk peran aktif dalam mencegah penularan COVID-19 yaitu screening dini dan peningkatan sistem imun tubuh, sehingga angka kasus COVID-19 di kota Cimahi, Kota Bandung, dan wilayah lainnya di Jawa Barat dapat menurun. Stay safe and healthy! (Suhaeli/Suhaeli)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *