72 Dokter Baru Univ. Jenderal Achmad Yani Siap Bertugas

72 Dokter Baru Univ. Jenderal Achmad Yani Siap Bertugas

(Humas Unjani) – Sebanyak 72 lulusan dokter baru Fakultas Kedokteran Unjani Tahun Akademik 2020/2021, yang terdiri 38 orang profesi dokter umum dan 34 orang profesi dokter gigi melaksanakan Angkat Sumpah. Upacara angkat sumpah, Selasa (05/1-2021) dilaksanakan di Gedung Hindarto Joesman, Fakukultas Kedokteran Kampus Unjani Cimahi. Diawali dengan pembukaan Sidang Terbuka Senat Fakultas Kedokteran oleh Dekan selaku ketua senat.

Upacara angkat sumpah dilaksanakan secara online/daring dan luring dengan memperhatikan protokol covid 19 yang sangat ketat, namun tidak mengurangi khidmat dan arti dari acara tersebut yang diawali dengan pembukaan Sidang Terbuka Senat Fakultas Kedokteran oleh Dekan selaku ketua senat.

Penaggung jawab acara angkat sumpah, Sylvia Mustikasari, dr., Med.Ed. yang juga Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dalam laporannya menyampaikan bahwa 38 orang lulusan dokter baru tersebut terdiri atas 29 orang wanita dan 9 orang pria untuk profesi dokter umum, 28 orang wanita 6 orang pria untuk profesi dokter gigi. Dengan demikian jumlah lulusan profesi dokter umum sampai dengan saat ini 2489 orang dan profesi dokter gigi 375 orang. Lulusan yang hadir secara fisik dalam upacara angkat sumpah tersebut hanya diwakili 4 orang Dokter dan Dokter Gigi, selebihnya dirumah masing-masing secara online melalui fasilitas zoom meeting.

Rangkaian acara angkat sumpah meliputi, Penyerahan Ijazah kelulusan, pengucapanan sumpah, penandatanganan berita acara angkat sumpah, dan seterusnya sambutan-sambutan. Dekan Fakultas Kedokteran Unjani, Dr. sutrisno, dr., MARS., MH. Kes, mengatakan dalam sambutannya pada upacara angkat sumpah lulusan  gelombang ke-II tahun akademik 2020/2021 kali ini di ikuti 72 peserta, “Alhamdulillah” mereka yang mengucapkan sumpah profesi “dokter dan dokter gigi” pada hari ini  telah lulus dalam Ujian Kompetensi Dokter/Dokter gigi   (UKMPPD dan UKMPPDG) pada periode Oktober – November tahun 2020 lalu, dengan tingkat kelulusan UKMPPD, CBT 70,21 persen dan kelulusan OSCE 100 persen. Sedangkan pada UKMPPDG tingkat kelulusan CBT mendekati 100 persen, dan kelulusan OSCE 100 persen dalam 2 periode ujian. Lebih lanjut Dekan FK berpesan, meskipun sudah menyandang profesi “dokter” para lulusan dokter baru harus tetap terus belajar, mengupdate pengetahuan dan keterampilan, yang sejalan dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam disiplin ilmu kedokteran profesi masing-masing. Selamat menjalankan tugas dan berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, untuk menjadi garda terdepan ditengah pandemi covid 19, ucap Sutrisno. 

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Jenderal A. Yani Cimahi Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., dalam kata sambutananya antara lain  mengucapkan selamat dan sukses kepada para lulusan dokter baru dan orangtua,  yang telah memilih dan mempercayakan Universitas Jenderal Achmad Yani sebagai  tempat studi lanjut putra/putrinya dan berhasil menggapai cita-citanya. Selanjutnya Rektor berpesan  kepada para lulusan agara dapat menghormati dan menghargai jasa orangtua, karena kasih sayang merekalah kalian dapat menyelesaikan studi dengan baik, balas kasih sayang mereka, ungkap Rektor. Selain itu, Rektor juga berpesan agar dapat menjaga nama baik Almamater dan turut mengharumkan dan membesarkannya, memegang teguh “sumpah dokter” yang telah diucapkan, sebagai landasan dalam menjalankan tugas profesi. Ditengah suasana pandemi covid 19, hendaknya para lulusan dokter baru segera dapat berperan dalam memberikan pelayanan terbaiknya, dan turut mengedukasi masyarakat dalam upaya membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus covid 19. Dalam lanjutan sambutannya Rektor menyampaikan konsep pengembangan Universitas Jenderal Achmad Yani menjadi hybrid university sekaligus open university sebagaimana yang telah dilaunching pada (22/12) lalu, bersama Bapak Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) dan Ketua Pengurus YKEP Letnan Jenderal (Purn) Tatang Sulaiman, di Mabes TNI AD Jakarta, dalam tampilan video.

Acara angkat sumpah dan pemberian ijazah tersebut turut dihadiri Senat/Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (secara daring/online), Ketua BPH YKEP-Unjani, perwakilan orangtua lulusan yang hadir, dan tamu undangan lainya. Sebelumnya, dilaksanakan juga pelantikan anggota Senat baru Fakultas Kedokteran yakni, Kepala Rumah Sakit Tk II Dustira Cimahi oleh Dekan Fakultas. (Suhaeli/Suhaeli)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *