YKEP Siapkan Universitas Jenderal Achmad Yani Menjadi Dapur Intelektual TNI AD

YKEP Siapkan Universitas Jenderal Achmad Yani Menjadi Dapur Intelektual TNI AD

(Humas Unjani) – Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) Letnan Jenderal TNI (Purn.) Tatang Sulaiman menginginkan Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI)  kedepan dapat menjadi dapur intelektualnya Tentara Nasional Indonesia  Angkatan Darat (TNI AD). Hal tersebut disampaikan beliau pada saat memberikakan pengarahan usai melaksanakan “gowes bareng” pimpinan Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, jajaran pengurus YKEP, dan jajaran direksi PT Wijaya Karya (WIKA), Rabu (06/1) lalu di kampus Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi. Kalau dapur ilmiahnya TNI AD sudah ada di internal yaitu Seskoad, eksternalnya diharapkan UNJANI ikut ambil bagian dalam memberikan kontribusi/masukan-masukan (input) intelektualitas dalam memajukan pengembangan di Markas Besar (Mabes) TNI AD, seterusnya Mabes TNI, Kementerian Pertahanan, hingga yang lebih besar lagi kepada Bangsa. Ini tentunya dari penelitian-penelitian dan kajian-kajian ilmiahnya para Profesor, Doktor, para Dosen dan Mahasiswa yang ada di UNJANI, Ucap Tatang.  Tidak hanya itu, lulusan UNJANI juga harus dapat diserap oleh TNI AD, tentunya harus memenuhi standar kebutuhan SDM di TNI AD, antara lain memiliki karakter, nasionalisme, disiplin, dan keunggulan lainnya. Dan ini juga yang diharapkan oleh para orang tua lulusan, tidak hanya meluluskan saja tetapi dapat langsung diserap oleh TNI AD yang kebutuhannya 15.000 orang pertahun. Harapan saya lulusan UNJANI dapat mengisi formasi tersebut diatas 10 persen pertahunnya, ungkap Tatang. Semua ini dapat terwujud dengan kebersamaan kita dalam mengelola membangun dan menjaga “trust” (kepercayaan) antara UNJANI, YKEP dan Bapak KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa selaku Ketua Dewan Pembina, dan para stakeholders lainnya.

Sementara itu Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., PhD., dalam sambutannya antara lain mengatakan tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan dan harapan Bapak KASAD sebagaimana di video 60 detik buletin TNI AD, dan juga keinginan Ketua Pengurus YKEP, yang mana telah rela melepas aset tanah lebih dari 130 titik dalam rangka ruilslag (tukar guling)  dengan lahan sekitar 25 hektar dimana kampus Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi berdiri. Kami akan bekerja sungguh-sungguh agar Universitas Jenderal Achmad Yani bisa lebih maju, ungkap Rektor.

Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Yulianto yang mewakili Direksi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., dalam sambutannya mengatakan akan bersungguh-sungguh mewujudkan infra struktur Universitas Jenderal Achmad Yani sesuai visi dan misi  serta harapan Bapak KASAD, sebagai mana konsep yang telah dipaparkan dihadapan Bapak KASAD, YKEP, dan Rektor pada banyak pertemuan di Mabes TNI AD.       

Kegiatan gowes bareng sebagai wujud soliditas sesama, dimulai start awal sekitar pukul 07.00 wib., dari kampus UNJANI Cimahi, kemudian melewati Rumah Sakit Dustira, Stasiun Cimahi, Jalan Lurah, Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat, Jalan Pesantren,  Perumahan Bumi Prima, SMAN 3 Cimahi, Pemkot Cimahi, Kolam Renang Ciawitali, Jalan H. Encep Kartawiria, RS Gigi dan Mulut Pendidikan UNJANI, Jalan Rio, jalan Jenderal Gatot Subroto, Historich, Jalan Jenderal Sudirman dan kembali ke kampus dengan jarak kurang lebih 16 KM. (Suhaeli/Suhaeli)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *