Rektor Nilai, Praktikum Program Studi HI FISIP UNJANI, Luar Biasa, Ga kalah Dengan Universitas Mapan

Rektor Nilai, Praktikum Program Studi HI FISIP UNJANI, Luar Biasa, Ga kalah Dengan Universitas Mapan

(Humas Unjani) – Diselah-selah kesibukannya sebagai Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, sebagai Pakar Hukum Internasional, Guru Besar dan Dosen Fakultas Hukum UI,    Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., masih menyempatkan hadir dalam praktikum Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (HI) FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, Kamis (14/1) di Mason Pine Hotel Kota Baru Parahyangan Kabupaten Bandung Barat. Saya melihat ini sangat luar biasa praktikum yang dibuat oleh prodi Hubungan Internasional FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani. Kenapa saya sangat terkesan, karena ada 3 hal, yang pertama adalah penggunaan bahasa Inggris, yang kedua adalah para mahasiswa betul-betul diajarkan praktikum, praktik untuk berada disuatu meeting, disuatu acara yang membahas  suatu hal yang penting, jadi bagaimana mereka meyakinkan bagaimana mereka bisa sampai pada suatu kesepakatan/konsensus, dan yang terakhir adalah saya melihat potensi mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani ini saya rasa ga kalah dengan universitas-universitas yang sudah mapan, ini luar biasa sekali. Ini yang kita harus ekspos dan kemudian kita munculkan di berbagai instansi/ pemerintah dan lain sebagainya untuk bisa memanfaatkan tenaga mereka, tapi juga untuk Universitas Jenderal Achmad Yani. Saya berharap bahwa kegiatan seperti ini bisa “diviruskan” disebarkan ke fakultas-fakultas lain/program studi-program studi lain, ini sangat-sangat bagus sekali, saya salut. Demikian di ungkap Rektor saat dikonfirmasi setelah meninjau ruang-ruang praktik di mason pine hotel.

Kegiatan praktikum Prodi HI FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani merupakan kegiatan rutin bagi mahasiswa semester 7, biasanya mereka keluar negeri, di wilayah Asean, mengunjungi Kedutaan Indonesia disana, dan instansi pemerintahan/lembaga negara tersebut. Karen situasi covid 19, jadi cukup di Indonesia saja namun tetap “rasa luar negeri”, demikian disampaikan Dekan FISIP Dr. Agus Subagyo, S.I.P., M.Si., dalam sambutannya.

Sementara itu Ketua Prodi HI Fisip Universitas Jenderal Achmad Yani, Drs. Yuswari Octonain Djemat, M.A. mengatakan Situasi Covid 19 membuat mereka tidak bisa keluar negeri, namun tetap harus dilaksanakan praktikum. Jadi saat ini ada sekitar 560 mahasiswa yang hadir secara daring dan luring selama 4 hari (13-16/1) di mason pine hotel ini. Mereka hadir secara luring bergantian. Adapaun yang dilakukan mereka selama 4 hari di sini adalah simulasi meeting forum tingkat ASEAN, dengan topik bahasan “Special ASEAN Summit on Covid-19”. Semua proses selama simulasi berlangsung disajikan dalam bahasa Inggris, mulai pembukaan acara, penyampain pendapat, argumentasi, memberikan solusi, dan lain sebagainya, sebagaimana pertemuan-pertemuan tingkat negara-negara  ASEAN, ungkap Yuswari. (Suhaeli/Suhaeli)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *