Prodi Kedokteran Gigi Univ. Jenderal Achmad Yani Resmi Dibawah Fakultas Sendiri

Prodi Kedokteran Gigi Univ. Jenderal Achmad Yani Resmi Dibawah Fakultas Sendiri

(Humas Unjani) – Sejak berdiri pada tahun 2009, Program Studi (Prodi) Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Achmad Yani bernaung dibawah Fakultas Kedokteran. Sesuai regulasi yang berlaku, penerimaan mahasiswa baru tidak boleh melebihi kuota yang ditentukan sekitar 60 mahasiswa. Dengan dimekarkannya menjadi mandiri dibawah pengelolaan ‘Fakultas Kedokteran Gigi” Universitas Jenderal Achmad Yani, maka sesuai regulasi kuota nasional mahasiswa baru dokter dan dokter gigi yang tertuang dalam Permenristekdikti 43/2017, adalah Prodi dengan nilai tertinggi, maksimal menerima 250 mahasiswa kedokteran dan 200 mahasiswa kedokteran gigi pada setiap tahunnya. Hal tersebut diungkapkan Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., saat menyampaikan sambutan dalam acara penyerahan surat keputusan pendirian Fakultas Kedokteran gigi Universitas Jenderal Achmad Yani (Jum’at 22/01) di aula Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), Letnan Jenderal (Purn) Tatang Sulaiman, beserta personel jajaran pengurus dan Ketua BPH Unjani. Turut hadir juga mendampingi Rektor, para Wakil Rektor 1,2 dan 3, Kutua SPM, Ketua SPI, Ketua LPPM, Para Kepala Biro, dan Para Dekan Fakultas. Hadir juga  melalui fasilitas daring/zoom meeting para Guru Besar Fakultas Kedokteran, para dosen dan mahasiswa Prodi Kedokteran Gigi.

Lebih jauh Rektor mengatakan dengan berdirinya Fakultas Kedokteran Gigi, Insya Allah pada tahun depan akan dibangunkan gedung/infrastruktur untuk mendukung aktivitas tridharama bagi mahasiswa dan dosen, dan ini sudah ada didalam master  plan pengembangan the new Universitas Jenderal Achmad Yani. Selain itu, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) yang selama ini pengelolaannya dibawah Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), akan dialihkan pengeloaannya oleh Rektorat Universitas.

Sementara itu Ketua Pengurus Ykep dalam sambutannya antara lain mengatakan menyambut baik pemekaran tersebut, dengan demikian kita memiliki 2 Fakultas Kedokteran, yaitu Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran, ungkap Beliau. Selain itu kita juga dapat membuktikan selangkah demi selangkah apa yang diamanatkan Bapak KASAD, bahwa Universitas Jenderal Achmad Yani harus menjadi besar dan dikenal. Sejalan dengan itu kita juga ingin semua yang dibawah Ykep menjadi lebih besar,untuk itu kita juga banyak mengalami perubahan, antara lain visi-misi kita 30 tahun lalu sudah tidak sesuai lagi, ucap Tatang Sulaiman. (Suhaeli/Suhaeli)                  

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *