Rektor Univ. Jenderal A. Yani beserta Jajarannya Melakukan Penjajakan ke SESKOAU

Rektor Univ. Jenderal A. Yani beserta Jajarannya Melakukan Penjajakan ke SESKOAU

(Humas Unjani) – Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D., beserta jajarannya yakni, Wakil Rektor I, Dr. Agus Subagyo, S.IP., M.Si., Wakil Rektor II, Dr. Asep Kurniawan, SE., MT., ASCA., CHRA, Wakil Rektor III, dr. Dewi Ratih Handayani, M.Kes., Kepala  Biro Kemahasiswaan Kerjasama dan Alumni, Dr. Arlan Siddha, S.I.P., M.A., Kabag. Kemahasiswaan, Dr. Mochamad Vrans Romi, S.E., M.M., CHRA, Kepala Biro Administrasi dan Akademik, Dr. Lukman Munawar Fauzi, S.IP., M.Si., Kabag. Kerjasama Eksternal, I Wayan Aditya Harikesa, S.IP., M.Si., dan Kabag. Humas, apt. Akhirul Kahfi Syam, S.Farm., M.Si melakukan kunjungan ke Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (SESKOAU) di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Rabu (17/2) dalam rangka penjajakan kerjasama pada bidang pendidikan dan teknologi.

Dalam sesi pertama agenda tersebut, Rektor diberi sambutan oleh Komandan SESKOAU (Danseskoau), Marsekal Muda (Marsda) TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., beserta pimpinan SESKOAU lainnya. Selanjutnya, Rektor beserta jajarannya diajak ke Bangsal Sutrasala. Di gedung tersebut pihak Kepala Departemen (Kadep) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) SESKOAU, Danseskoau dan Rektor diberi kesempatan untuk memberikan pemaparan.

Kadep. Iptek SESKOAU, Kolonel Lek. Endro Hermawan melakukan pemaparan pertama dengan memperkenalkan SESKOAU itu sendiri, melalui video profil pendeknya. Selain itu, dalam bidang pendidikan dan teknologi beliau memperkenalkan sebuah sistem yang bernama Smart Campus System yang mana di dalamnya diklasifikasikan lagi, seperti LMS (Learning Management System) dan Library Management System. Tidak hanya itu, beliau juga memaparkan sistem lainnya yang masih dalam tahap pengembangan, seperti Virtual System, Monitoring System, Digital Content dan Content Cloud Data System.

Menurutnya, dengan adanya sistem tersebut siswa akan dapat dengan mudah melakukan pembelajaran mandiri melalui e-learning yang terdapat pada LMS. Sementara itu, dalam hal perpustakaan SESKOAU memiliki sistem Library Management System yang mana di dalamnya terdapat RFID System, Book Finder, Gate Detector, dsb. Sehingga, pencarian, peminjaman maupun pengembalian buku dapat dilakukan dengan praktis secara virtual, ungkap Endro.

Pada sesi selanjutnya, Danseskoau diberi kesempatan untuk melakukan sambutan sekaligus pemaparan. Di awal pemaparannya, beliau mengatakan sangat bersyukur dengan kunjungan yang dilakukan oleh Rektor Unjani beserta jajarannya karena dapat berkomunikasi di bidang pendidikan yang mana SESKOAU merupakan institusi pendidikan umum tertinggi di TNI AU.

Meski demikian, beliau mengungkapkan bahwa SESKOAU masih perlu evaluasi supaya pendidikannya tidak hanya di satu atau dua tahap, tetapi berjenjang. Menurutnya, program yang sudah terlaksana sejauh ini adalah merealisasikan Studi Magister dan Smart Campus. Beliau mengemukakan dalam pembangunan Smart Campus sendiri dilakukan dalam tiga tahun, yakni dari 2020 hingga 2023. Beliau juga mengatakan kendala yang akan dialami kedepannya, seperti mensosialisasikan terus program tersebut.

Di akhir pemaparannya, Danseskoau menyatakan bahwa dunia militer harus beradaptasi, jika tidak demikian menurutnya akan ketinggalan dalam bidang teknologi. Untuk menghadapi hal tersebut maka perlu adanya kerjasama di bidang teknologi dan kebutuhan lainnya yang dapat dikerjasamakan. Beliau pun berharap kepada Universitas Jenderal A. Yani untuk tetap sejalur dalam membangun TNI kedepan, tidak hanya di bidang operasi tapi juga di bidang pendidikan. Selain itu, beliau menginginkan agenda ini tidak hanya kerjasama (MoU) biasa atau ceremonial semata. Namun, menjadi kerjasama yang implementatif dan ril, ungkap Samsul.

Kemudian di sesi terakhir, Rektor Universitas Jenderal A. Yani mengemukakan bahwa dirinya sangat bersyukur bisa melakukan silaturahmi dengan SESKOAU karena banyak belajar dari pemaparan-pemaparan yang sudah SESKOAU berikan. Beliau pun mengatakan sangat terkesan dengan pemaparan Danseskoau mengenai institusi teknologi dan pendidikan, karena menurutnya hal tersebut sangat penting.

Selain itu, Rektor pun menceritakan tantangannya dalam meningkatkan Universitas Jenderal A. Yani sesuai amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) bahwa Universitas Jenderal A. Yani sudah seharusnya take off dan menginginkan seperti Naval Postgraduate School di Monterey, Amerika Serikat. Beliau juga memperlihatkan video pendek mengenai The New Unjani/Smart Digital Campus. Rektor mengatakan bahwa Universitas Jenderal A. Yani kedepannya akan sama seperti SESKOAU karena menggunakan konsep smart yang artinya mahasiswa tidak hanya bisa kuliah di dalam kelas, tetapi bisa kuliah jarak jauh secara virtual.

Rektor juga memperkenalkan konsep Information and Communication Technology (ICT) dan Hybrid University yang akan dibangun kedepannya. Di bagian penutup pemaparannya Rektor pun mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan berbagai pencerahan dari kunjungannya ke SESKOAU. Dengan demikian, sistem yang sudah diimplementasikan di SESKOAU tidak menutup kemungkinan bisa diimplementasikan juga di Universitas Jenderal A. Yani.

Reporter: Didi Sopiyan (Jurusan Hubungan Internasional 2018)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *