24 Dokter Baru Univ. Jenderal Achmad Yani melaksanakan Angkat Sumpah

24 Dokter Baru Univ. Jenderal Achmad Yani melaksanakan Angkat Sumpah

Sebanyak 24 lulusan dokter baru Fakultas Kedokteran Unjani Tahun Akademik 2020/2021, yang terdiri 18 orang profesi dokter wanita dan 6 orang profesi dokter pria melakksanakan Angkat Sumpah. Upacara angkat sumpah, Rabu (07/04-2021) dilaksanakan di Gedung Hindarto Joesman, Fakukultas Kedokteran Kampus Unjani Cimahi.

Upacara angkat sumpah dilaksanakan secara online/daring dan offline/luring dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes) covid 19 yang sangat ketat, namun tidak mengurangi khidmat dan arti dari acara tersebut yang diawali dengan pembukaan Sidang Terbuka Senat Fakultas Kedokteran oleh Dekan selaku ketua senat.Penanggung jawab acara angkat sumpah, Sylvia Mustikasari, dr., Med.Ed. yang juga Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dalam laporannya menyampaikan bahwa 24 orang lulusan dokter baru tersebut telah mengikuti ujian kompetensi dokter Indonesia (UKDI), dan dinyatakan lulus serta berhak menyandang gelar akademik “dokter” setelah mengikuti acara pengucapan sumpah yang hari  ini di laksanakan.

Lulusan yang hadir secara fisik dalam upacara angkat sumpah gelombang 3 Tahun akademik 2020/2021 kali ini diwakili 5 orang Dokter, selebihnya dirumah masing-masing secara online melalui fasilitas zoom meeting.

Rangkaian acara angkat sumpah meliputi, Penyerahan Ijazah kelulusan, pengucapanan sumpah, penandatanganan berita acara angkat sumpah, dan seterusnya sambutan-sambutan. Dekan Fakultas Kedokteran Unjani, Dr. sutrisno, dr., MARS., M.H.Kes, dalam sambutannya mengatakan dalam sambutannya pada upacara angkat sumpah lulusan  gelombang ke-III tahun akademik 2020/2021 kali ini di ikuti 24 peserta, “Alhamdulillah” mereka yang mengucapkan sumpah profesi “dokter” telah lulus dalam Ujian Kompetensi Dokter (UKMPPD) pada periode Februari 2021 lalu, dengan tingkat kelulusan UKMPPD, CBT 84,62 persen dan kelulusan OSCE 100 persen. Dengan demikian Fakultas Kdokteran Universitas Jenderal Achmad Yani  sejak berdiri Oktober 1992, telah menerima mahasiswa sebanyak 3816 orang, telah meluluskan 2965 orang sarjana kedokteran dan 2390 orang profesi dokter, sudah termasuk 24 orang dokter baru yang pagi ini mengucapkan sumpah.  Lebih lanjut Dekan FK berpesan, meskipun sudah menyandang profesi “dokter” para lulusan dokter baru harus tetap terus belajar, mengupdate pengetahuan dan keterampilan, yang sejalan dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam disiplin ilmu kedokteran. Selamat menjalankan tugas dan berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, untuk menjadi garda terdepan ditengah pandemi covid 19, ucap Sutrisno.

Terkait pengembangan prodi baru di Fakultas Kedokteran, saat dikonfirmasi Sutrisno menjelaskan saat ini sedang dalam proses pengajuan ke Kemendikbud untuk prodi magister administrasi rumah sakit (S2) dan magister biomed dengan konsentrasi anti aging medicine (S2). Selain itu sedang dipersiapkan juga untuk pendidikan spesialis, yaitu spesialis anestesi. Kalau ini jadi maka FK Universitas Jenderal Achmad Yani akan menjadi yang pertama membuka program spesialis. Tapi ini tidak mudah, karena syaratnya akreditasi FK harus “A” (Unggul). Ini yang sedang menjadi fokus dan konsentrasi kita sekarang, jelas Sutrisno.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Jenderal A. Yani Cimahi Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., dalam kata sambutananya antara lain  mengucapkan selamat dan sukses kepada para lulusan dokter baru dan orangtua,  yang telah memilih dan mempercayakan Universitas Jenderal Achmad Yani sebagai  tempat studi lanjut putra/putrinya dan berhasil menggapai cita-citanya. Selanjutnya Rektor berpesan  kepada para lulusan agara dapat menghormati dan menghargai jasa orangtua, karena kasih sayang dan jerih payah merekalah kalian dapat menyelesaikan studi dengan baik. Jika suatu saat nanti kalian menjadi dokter yang sukses, jangan lupa untuk membahagiakan mereka, buat mereka senang dan bangga, ucap Rektor. Selain itu, Rektor juga berpesan agar dapat menjaga nama baik Almamater, jadikan almamater Universitas Jenderal Achmad Yani sebagai orangtua kedua kalian setelah orangtua yang melahirkan kalian, harumkan dan besarkan namanya. Pegang teguh “sumpah dokter” yang telah diucapkan, sebagai landasan dalam menjalankan tugas profesi. Ditengah suasana pandemi covid 19, hendaknya para lulusan dokter baru segera dapat berperan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan turut mengedukasi masyarakat dalam upaya membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus covid 19. Dalam lanjutan sambutannya Rektor juga menginformasikan bagi para lulusan yang ingin berkarir di instansi TNI AD akan memberikan rekomendasi untuk menjadi prajurit TNI AD. Tentunya tetap mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku dalam sistem recruitment perwira prajurit karir (Papeka) di TNI.

Acara angkat sumpah dan pemberian ijazah tersebut turut dihadiri Senat/Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (secara daring/online), Ketua BPH YKEP-Unjani Brigjen (Purn) Dr. Chairussani Abbas, S.I.P., M.Si., perwakilan orangtua lulusan yang hadir, dan tamu undangan lainya. Sebelumnya, dilaksanakan juga pelantikan anggota Senat baru Fakultas Kedokteran yakni, Dr. Welly Ratwita, dr., M.Kes., Asti Kristianti, dr., Sp.THT.-KL., M.Kes., dan Dr. Arlisa Wulandari, dr., Sp.K.J., M.Kes.

Penulis: Suhaeli

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *