Tausyiah Sambut Puasa Ramadhan Oleh Ust. Dr. Aam Amiruddin, M.Si.

Tausyiah Sambut Puasa Ramadhan Oleh Ust. Dr. Aam Amiruddin, M.Si.

(Humas Unjani) – Menyambut bulan Suci Ramadhan 1442 H, DKM Masjid Alhidayah kampus Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi mengadakan tasyaqur dan do’a bersama dengan tema, “menggapai keberkahan bulan ramadhan” dan subtema,  “menjadi pribadi unggul menuju smart military university” yang disampaikan oleh Ust. Dr. Aam Amirudding, M.Si.

Acara tersebut dihadiri warga Universitas Jenderal Achmad Yani yang terdiri dari  perwakilan pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan para mahasiswa. Karena masih dalam suasana pandemi covid 19, tidak dapat dimobolisasi untuk hadir lebih banyak.

Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan dalam sambutanya mengajak kepada semua jamaah yang hadir untuk mencari berkah dan ridho nya Allah SWT. khusunya di bulan Suci Ramadhan yang akan datang ini. Menurutnya dengan datangnya bulan Ramadhan kita biasanya akan lebih fokus beribadah /   beramal dan melakukan sesuatu yang bermanfaat, tetapi tidak dibulan ramadhan  saja, hendaknya disetiap bulan kita dapat menjadi pribadi-pribadi yang bermanfaat.   kalau meningkatkan iya, ungkap Rektor. Kita berharap bahwa kita bermanfaat bukan karena kita bermasah didunia ini. Lebih lajut rektor mengatakan ini ada kaitannya ditengah suasana Universitas Jenderal Achmad Yani sedang membangun sarana fisik kampus, tentunya kita juga harus membangun mental kita, agar kita ini lurus dalam niat, membesarkan Universitas Jenderal Achmad Yani. Dan Insya Allah kalau Universitas Jenderal Achmad Yani ini menjadi besar, maka universitas-universitas/lemaga-lembaga lain akan  mencontoh, dan dari situlah hendaknya kita sudah melakukan hal yang terbaik bagi lingkungan kita “digugu”, ucap rektor. Tagline kita “smart military university” akan menjadi semangat baru dalam upaya kita membangun kampus yang unggul, memiliki kekhasan, dan berbeda dengan kampus-kampus lain.

Sementara itu, Ust. Dr. Aam Amiruddin dalam paparan tausyiahnya antara lain menjelaskan tentang Ramadhan bulan penuh keberkahan sebagaimana Hadist Rasullullah yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, “telah datang kepadamu bulan penuh berkah diwajibkan kepadamu berpuasa”. Makna berkah adalah “ziyaadatul khair fil khair” (bertambah kebaikan dalam kebaikan), hidup yang bertumbuh dalam kebaikan. Selain itu ust. Aam juga mengupas tentang makna datangnya bulan ramadahan, dimana kita harus melakukan banyak perubahan. Perubahan dari kebiasan makan, perubahan dari kebiasaan sikap yg tidak disiplin, dan sikap-sikap rutinitas yang lain. Berikutnya degan datangnya Ramadhan juga mengajarkan dan melatih kita keluar dari confort zone, juga akan mengasah jasad, akal dan qalbu kita untuk meraih keunggulan, papar ust. Aam. Dalam rangkaian acara tersebut Rektor juga menyerahkan bantuan/tali asih kepada kaum duafa warga masyarakat sekitar kampus.

Penulis: Suhaeli

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *