Kembali Univ. Jenderal A. Yani memperoleh Back to Back Penerima Hibah Terbanyak PKM DIKTI 2021 LLDIKTI-IV

Kembali Univ. Jenderal A. Yani memperoleh Back to Back Penerima Hibah Terbanyak PKM DIKTI 2021 LLDIKTI-IV

(Humas Unjani)- Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) adalah program dibawah naungan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk mendukung mahasiswa mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Berdasarkan Pengumuman dengan No: 1949/E2/KM.05.01/2021 tertanggal 5 Mei 2021, perihal Pendanaan PKM Tahun 2021 – DIKTI. Universitas Jenderal Achmad Yani berada di peringkat 1 dimana menyumbang 19 kelompok yang lolos pada skema Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE). Seluruh kelompok tersebut memperoleh total dana Rp. 158.715.500,- dan merupakan jumlah pendanaan tertinggi di LLDIKTI Wilayah IV. LLDIKTI Wilayah IV sendiri terdapat 34 PTS yang menerima dana dengan total perolehan Rp. 742.569.000,-

Sembilan belas tim yang berhasil mendapatkan dana hibah berasal dari 3 Skema yaitu: 16 PKMRE (Riset Eksakta), 1 PKMRSH (Riset Sosial Humaniora) dan  2 PKMKC (Karsa Cipta). Dari ketiga skema yang telah berhasil lolos, kesembilanbelas tim berasal dari 5 Fakultas berbeda di Univ. Jenderal Achmad Yani.

  1. Fak. Sains dan Informatika: Informatika (7), Kimia (1)
  2. Fak. Farmasi: Farmasi (6)
  3. Fak. Teknik: T. Kimia (2), T. Elektro (1)
  4. Fakultas Teknologi Manufaktur: T. Industri (1)
  5. FISIP: Ilmu Pemerintahan (1)

Univ. Jenderal A. Yani berhasil mempertahankan prestasi menjadi penerima hibah PKM DIKTI terbanyak yang sebelumnya tahun 2020 juga memperoleh prestasi yang sama. Tahun 2021 ini terdapat peningkatan 4 Tim menjadi 19 tim (26%) dibandingkan tahun lalu 15 tim, kemudian terdapat peningkatan lebih kurang 2 kali lipat jumlah dana yang diperoleh yang sebelumnya berjumlah Rp. 73.000.000,- menjadi Rp. 158.715.500,-

Universitas Jenderal Achmad Yani mendukung sepenuhnya mulai dengan membuat Tim Pengelola Persiapan PKM yang diharapkan dapat memaksimalkan peluang Tim PKM Universitas Jenderal Achmad Yani ke Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS).

Capaian PKM Universitas Jenderal Achmad Yani menunjukkan keseriusan segenap jajaran mulai dari pimpinan Universitas, Fakultas dan Program Studi untuk meningkatkan kualitas  keilmuan, kreatifitas dan inovasi di lingkungan kampus. Segenap civitas akademik Universitas Jenderal Achmad Yani senantiasa mendoakan seluruh tim dapat memberikan hasil yang terbaik.

Penulis: Akhirul Kahfi Syam

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *