Microsoft Most Valuable Professional Hadir dalam Webinar Jurusan Informatika dan Jurusan Sistem Informasi

Microsoft Most Valuable Professional Hadir dalam Webinar Jurusan Informatika dan Jurusan Sistem Informasi

(Humas Unjani) – Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema ‘Implement a Service Oriented Architecture with REST API’ di masa pandemi dengan mengundang Bapak Erick Kurniawan, S.Kom., M.Kom., yang merupakan dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) di Salatiga, Jawa Tengah. Beliau merupakan pemateri tunggal dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (27/05/2021) pagi melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang didominasi oleh mahasiswa Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani dan pada kesempatan ini, sambutan pembukaan acara disampaikan oleh Ibu Wina Witanti, S.T., M.T., yang menjabat sebagai Ketua Jurusan Informatika sekaligus moderator pada acara ini.

Bapak Erick Kurniawan, S.Kom., M.Kom., yang dihadirkan sebagai pemateri, merupakan juga seorang Microsoft MVP (Most Valuable Professional) 2009 – 2020 (13 Tahun di bidang Development Technology: Xamarin, ASP Core, Web API, Azure, DevOps).

Terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh Erick, salah satunya yaitu REST (Representational State Transfer), salah satu arsitektur yang memudahkan sistem untuk berkomunikasi satu sama lain. Selain itu, REST merupakan arsitektur yang didasarkan pada standar web dan protokol HTTP. Di dalam arsitektur berbasis REST semuanya merupakan Resource. Resource dapat diakses melalui antarmuka umum berdasarkan HTTP Standard Methods, yang mana setiap resource harus mendukung HTTP Common Operations. REST akan memungkinkan resource yang memiliki representasi yang berbeda seperti XML, JSON maupun yang lainnya.

Kesimpulan dalam kegiatan webinar ini adalah bahwa SOA memiliki standarisasi dan independen terhadap vendor produk maupun teknologi. Selain itu, SOA dapat digunakan kembali sesuai dengan kebutuhan sedangkan API merupakan sebuah software yang mengintegrasikan antara aplikasi yang telah dibuat dengan aplikasi lain. REST API merupakan salah satu desain dari arsitektur yang terdapat dalam API tersebut.

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *