Game dan Potensi Karirnya Bagi Mahasiswa Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Game dan Potensi Karirnya Bagi Mahasiswa Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

(Humas Unjani) – Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani melaksanakan kegiatan Webinar Cara Simple Mendesain Game dan Potensi Karirnya melalui aplikasi Zoom Meeting pada Sabtu (5/6/2021) siang.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi Jurusan Informatika dan diikuti oleh beberapa dosen dari jurusan tersebut. Acara dibuka oleh MC lalu diberi sambutan oleh Wina Witanti, S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan Informatika.  Dalam sambutannya, beliau mengatakan, “Tentunya kita tidak hanya senang main game, tapi juga bagaimana mendesainnya. Pada saat masa pandemi, kita tahu bahwa peluang itu hadir dengan cara apapun. Salah satunya misalkan membuat game yang bisa kita jual dan dijadikan komersil, sehingga kita bisa menghasilkan uang dari sana.”

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan presentasi dari pemateri tunggal, Rezki Yuniarti, S.Si., M.T. yang merupakan dosen game di Jurusan Informatika. Sebelum mulai memberi materi, beliau langsung menegaskan, “Game telah berkembang pesat dan hari ini telah memantapkan dirinya sebagai industri yang berkembang pesat dengan lebih dari 2,34 milyar pemain di seluruh dunia.”

Terdapat beberapa materi yang dinilai cukup penting dalam mendesain game yaitu bahwa computer game adalah software program dan melibatkan player (pemain). Lalu, sebelum mendesain game, maka perlu memikirkan dua unsur yakni: pikirkan tentang audience, game bukan untuk orang umum tetapi untuk pemain. Berikutnya jangan hanya memikirkan alur cerita, grafik, dan interface, tetapi juga memikirkan calon pemain.

Dalam pembuatan game, juga harus ada pihak – pihak terlibat, yang pertama yaitu developer, yang memiliki tugas untuk mendesain dan mengimplementasikan game. Kedua adalah publisher, bertugas untuk mendanai pembangunan game dan menanggung sebagian besar risiko serta mengambil untung terbesar. Terakhir adalah retailer, yaitu penjual software mulai dari pemesanan lewat email hingga ke toko komputer besar.

Bagi para mahasiswa Informatika yang tertarik pada bidang game, mereka sangat berpotensi untuk dapat menjadi game designer, software designer, game developer, dan video game programmer.

Penyampaian materi berlangsung dengan sangat baik dan terjadi komunikasi interaktif antara peserta dan pemateri. Dengan demikian, acara berlangsung dengan sangat menarik dan berjalan dengan sesuai rencana yang telah dirancang.

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *