Pembukaan Dies Natalis Ke-31 Universitas Jenderal Achmad Yani

Pembukaan Dies Natalis Ke-31 Universitas Jenderal Achmad Yani

Universitas Jenderal A. Yani membuka acara Dies Natalis Ke 31 dengan mengambil tema ‘Sinergi Membangun SMART MILITARY UNIVERSITY‘ pada Rabu (9/6/2021) pagi di Aula Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP Universitas Jenderal A. Yani, Cimahi.

Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Universitas Jenderal A. Yani, Brigjen TNI (Purn) Dr. Chairussani Abbas Sopamena, S.IP., M.Si., Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D., Wakil Rektor I, Dr. Agus Subagyo, S.IP., M.Si., Wakil Rektor II, Dr. Asep Kurniawan, SE., MT., ASCA., CHRA, Wakil Rektor III, dr. Dewi Ratih Handayani, M.Kes., Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Dr. Dadan Kurnia, S.IP., M.Si., Kepala Satuan Penjamin Mutu (SPM), Usman Sastradipraja, S.E.,M.M.,Ak.,C.A.,C.P.T.T., Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI), Brigjen TNI (Purn) Umar Sanusi, S.Sos., M.Si.,  para Dekan Fakultas, Ketua Dies Natalis Universitas Jenderal A. Yani, Adi Ganda Putra, ST., MT., Perwakilan PT. Wijaya Karya (Persero).

Sementara itu, acara ini dihadiri juga secara daring oleh Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), Letjen TNI (Purn) Tatang Sulaiman, S.Sos., M.Si., Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad), Direktur Keuangan AD yang diwakili oleh Letkol CKU Djoko Kuntoyo dan Direktorat Hukum AD.

Ketua Dies Natalis Ke-31 Universitas Jenderal A. Yani, Adi Ganda Putra, ST., MT., dalam sambutannya menjelaskan mengapa dies natalis kali ini mengambil tema ‘Sinergi Membangun SMART MILITARY UNIVERSITY‘, yakni dengan tujuan mengajak semua civitas akademika baik pimpinan, dosen, tenaga pendidikan, mahasiswa dan alumni bisa memberikan konstribusi terbaik untuk mewujudkan cita-cita yang mulia menjadikan Universitas Jenderal A. Yani menjadi Smart Military University.

“..dan tentunya, pada Dies Natalis yang ke 31 ini kami mengambil tema ‘Sinergi Membangun SMART MILITARY UNIVERSITY‘, tentunya pada kesempatan ini, kami mengajak semua civitas akademika baik pimpinan, dosen, tenaga pendidikan, mahasiswa dan alumni bisa memberikan konstribusi terbaik untuk mewujudkan cita-cita yang mulia menjadikan SMART MILITARY UNIVERSITY bagi universitas tercinta kita, Universitas Jenderal Achmad Yani,” imbuhnya.

Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D. menyampaikan ada empat hal terkait dengan Military dalam SMART MILITARY UNIVERSITY. Pertama harus memiliki kedisiplinan yang tinggi dan sopan santun, yang kedua penelitian dan perkuliahan harus ada unsur militer, yang ketiga para mahasiswa diberikan peluang untuk magang di kesatuan-kesatuan milik TNI Angkatan Darat, dan yang terakhir, pendidikan yang ditawarkan di lingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani harus bermanfaat bagi TNI Angkatan Darat (Keluarga Besar dan Personil).

Dalam kesempatan ini juga, Ketua BPH memberi sedikit sambutan. “Saya atas nama yayasan (Yayasan Kartika Eka Paksi) siap untuk membantu apa yang dilakukan oleh Pak Rektor, yang sudah dijelaskan secara panjang-lebar tadi dan kita siap untuk mendukung itu semua. Mudah-mudahan di acara kegiatan dies natalis pada hari ini dan selanjutnya, akan berjalan dengan maksimal dan mari kita sama-sama menyambut SMART MILITARY UNIVERSITY,” ujarnya.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan ditutup dengan doa agar Universitas Jenderal Achmad Yani di usia yang ke-31 semakin menjadi universitas yang unggul, berjiwa kebangsaan, berwawasan lingkungan, dan menjadi SMART MILITARY UNIVERSITY.

Sementara itu, berbagai kegiatan dalam rangka dies natalis ke-31 antara lain pemilihan dosen terbaik, pemilihan tenaga kependidikan terbaik, lomba kesehatan, dan lomba karya seni.

Penulis: Didi Sopian

Editor: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *