Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani Mengadakan Webinar Entrepreneurship Vol. 2

Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani Mengadakan Webinar Entrepreneurship Vol. 2

(Humas Unjani) – Pada Kamis (17/06/2021) siang, telah diselenggarakan webinar oleh Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani melalui aplikasi Zoom Meeting. Tema webinar kali ini yaitu ‘Webinar Entrepreneurship Vol.2 “CREATE A KILLER PITCH DECK AND CHARM YOUR WAY TO SUCCESSFUL FUND RAISING”’. Acara ini dimoderatori oleh Faiza Renaldi, S.T., M.Sc., seorang entrepreneur dan dosen Jurusan Informatika serta diisi juga oleh Askar DG Kamis, founder LTRIPX sebagai pembicara.

“Jadi disini juga terlihat, bahwa sebenarnya, spirit of entrepreneurship itu ada di setiap orang,” tutur Faiza dalam sambutannya. Beliau juga menambahkan terkait dengan entrepreneurship, “rata-rata bangsa yang maju di dunia itu kurang lebih sekitar 18% dari demografi penduduknya adalah pewirausaha. Sementara Indonesia baru kurang lebih sekitar 2-3% pewirausaha. Nah ini perlu kita encourage, perlu kita dukung, supaya makin banyak orang-orang yang memang mau untuk menjadi pewirausaha.”

Setelah memberi sambutan, kegiatan langsung masuk ke acara inti yaitu presentasi materi oleh Askar DG Kamis. Dalam penyampaiannya, beliau menegaskan, “Jadi intinya, adalah bagaimana Anda mempunyai strategi untuk raising capital Anda dengan cara me-minimize resiko yang akan di tanggung oleh investor.”

Terdapat materi-materi yang penting disampaikan oleh Askar DG Kamis. Salah satunya yaitu tentang Pitch. Definisi Pitch adalah suatu ringkasan dari rencana bisnis yang akan dibuat. “Apa itu Pitch? Pitch itu dalam Bahasa sederhana dikatakan sebagai suatu ringkasan dari business plan Anda,” ujarnya.

Pitch juga memiliki beberapa jenis antara lain High Concept Pitch, Elevator Pitch, Two Sentence Pitch, One Minutes Pitch, 5 Minutes atau longer one. Contoh yang diberikan yakni, “untuk orang Eropa yang peduli lingkungan dan kebudayaan (target audience), kita menentukan target audience kemudian need, kemudian product category, kemudian benefit yang kita tawarkan.”

Setelah pemaparan selesai, ada tanya-jawab yang dilakukan antara peserta dengan pemateri. Selain itu, penyampaian materi juga sangat informatif dan jelas. Dengan demikian, acara berlangsung sangat menarik dan mendapat antusias dari para peserta.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *