Kadislitbangad Lakukan Kunjungan dan Silaturahmi ke Universitas Jenderal Achmad Yani

Kadislitbangad Lakukan Kunjungan dan Silaturahmi ke Universitas Jenderal Achmad Yani

(Humas Unjani) – Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D menerima kunjungan dari Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat (Kadislitbangad), Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., pada Jumat (18/06/2021) sore. Pertemuan ini dilaksanakan di Aula Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Ketua BPH Universitas Jenderal Achmad Yani, Brigjen TNI Purn. Dr. Chairussani Abbas Sopamena, S.IP., M.Si., Wakil Rektor I, Dr. Agus Subagyo, S.IP., M.Si., Wakil Rektor III, dr. Dewi Ratih Handayani, M.Kes., Kepala SPI, Brigjen TNI Purn. Umar Sanusi, S.Sos., M.Si., Kepala LPPM, Dr. Dadan Kurnia, S.IP., M.Si., Kepala SPM, Usman Sastradipraja, SE., M.Ak., Ak., CA., CPTT., pejabat serta dosen FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani, dan rombongan pejabat Dislitbangad.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan, “pertama saya ingin mengucapkan selamat datang Pak Terry, karena, kali pertama Pak Terry hadir di Universitas Jenderal Achmad Yani. Jadi ini universitas miliknya TNI Angkatan Darat, Pak, melalui Yayasan Kartika Eka Paksi dan kita sudah ada disini selama 30 tahun.”

Setelah pemutaran video tentang The New Universitas Jenderal Achmad Yani, Rektor juga menambahkan bahwa Universitas Jenderal Achmad Yani sedang mencanangkan SMART MILITARY UNIVERSITY. Dalam hal ini, SMART yaitu akan berinvestasi besar kepada ICT (Information, Communication, Technology). Lalu dalam MILITARY terdapat empat poin yakni pertama, Rektor menginginkan mahasiswa memiliki disiplin yang tinggi, kedua, penelitian-penelitian di Universitas Jenderal Achmad Yani berorientasi ke dunia militer, ketiga, agar mahasiswa bisa merasakan perbedaan dengan dapat melakukan magang di kesatuan-kesatuan milik TNI Angkatan Darat. Terakhir, atau yang keempat, Rektor menginginkan Universitas Jenderal Achmad Yani tidak hanya bermanfaat bagi keluarga besar TNI Angkatan Darat, tetapi juga bagi prajurit TNI Angkatan Darat.

“Demikian Pak Terry, mudah-mudahan ini bukan kali pertama Pak Terry hadir disini dan mudah-mudahan kita bisa membangun kerjasama dan sesuai arahan Bapak Kasad nantinya kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan penelitian yang bermanfaat untuk TNI Angkatan Darat bersama-sama tentunya Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat,” tutup Rektor dalam akhir sambutannya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kadislitbangad. Dalam sambutannya, Kadislitbangad menyampaikan rasa terima kasih kepada Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani beserta jajaran. “Saya selaku Kadislitbangad dan staf mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor, Wakil Rektor, Dekan, serta seluruh civitas academica Unjani yang telah menerima dan menyambut kami, rombongan dari Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat, yang sangat luar biasa, yang begitu hangat dan akrab. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan kerjasama antara Litbangad dengan Universitas Jenderal Achmad Yani begitu harmonis,” tuturnya.

Beliau juga menambahkan, “kami juga sangat menyambut baik, Pak, kerjasama ini yang sangat luar biasa, dari non-materil sudah dilaksanakan dan staf kami sudah melakukan kordinasi untuk bagaimana melaksanakan suatu penelitian yang benar, yang baik, yang bagus,” ujar Kadislitbangad.

Rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu pertukaran cenderamata antara Universitas Jenderal Achmad Yani dan Dislitbangad. Pertukaran cenderamata dilakukan dengan penyerahan langsung oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani dan Kadislitbangad. Kegiatan lalu dilanjut dengan foto bersama, setelah itu rombongan Dislitbangad diajak oleh Rektor untuk melihat proses pembangunan Gedung Rektorat yang baru dan juga Gedung Fakultas Farmasi.

Setelah melihat proses pembangunan gedung, Tim Humas Universitas Jenderal Achmad Yani berkesempatan mewawancarai Kadislitbangad. Dalam wawancaranya, “Pak Rektor yang saya hormati, kami disini adalah untuk melaksanakan kegiatan suatu silaturahmi dan kami kunjungan kerja yang pertama kali ke Unjani. Mudah-mudahan kita bisa melaksanakan kerjasama di bidang penelitian dan pengembangan.” Lalu terkait kesempatan mahasiswa untuk magang, beliau menyampaikan, “Kami welcome dan sangat terbuka apabila nanti ada mahasiswa-mahasiswi yang magang, berkaitan dengan penelitian dan pengembangan. Laboraturium yang kami punya Angkatan Darat ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” tuturnya.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *