Sistem Informasi Universitas Jenderal A. Yani Bersama Tentor.id “Next Level Q&A: Beasiswa Sistem Informasi Unjani 2021″

Sistem Informasi Universitas Jenderal A. Yani Bersama Tentor.id “Next Level Q&A: Beasiswa Sistem Informasi Unjani 2021″

(Humas Unjani) – Program Studi Sistem Informasi Universitas Jenderal A. Yani menyelenggarakan webinar ke-2 dengan topik ‘Beasiswa Program Studi Sistem Informasi Unjani 2021’. Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting, mengingat masih terjadinya pandemi Covid-19 dan dilaksanakan pada hari Sabtu (19/06/2021) pagi.

Pada kesempatan ini, kegiatan webinar diisi oleh Faiza Renaldi, S.T., M.Sc., dosen Sistem Informasi Universitas Jenderal A. Yani, dan juga di moderatorkan oleh Mega Permata Sari, Branding dan social media Tentor.

Terdapat beberapa materi yang disampaikan, antara lain yaitu perkenalan Program Studi Sistem Informasi yang merupakan program studi baru di Universitas Jenderal A. Yani di Fakultas Sains dan Informatika, serta tujuan dibentuknya Program Studi Sistem Informasi karena masih minimnya ahli keamanan siber (cyber security) di Indonesia, sedangkan siber terus berkembang dengan luas.

Selain itu, IT (Informasi Teknologi) merupakan kehidupan, artinya, hampir tidak ada kegiatan di dunia ini yang tidak bersinggungan dengan teknologi informasi pada saat ini. Kebutuhan akan tenaga IT tiap tahun selalu meningkat, kenapa? Karena IT senantiasa meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari aktifitas sehari-hari manusia. Tenaga kerja IT adalah tenaga kerja yang paling fleksibel di dunia, karena dapat bekerja kapanpun, dimanapun, tanpa harus terbatas dengan ruang dan waktu.

Perbedaan Program Studi Informatika dan Sistem Informasi adalah dilihat dari konsentrasi jurusannya. Informatika berkonsentrasi terhadap perancangan dan pengembangan suatu perangkat lunak dan aplikasi. Mahasiswa Informatika dituntut untuk memiliki kemampuan dalam algoritma komputasi. Sedangkan Sistem Informasi, berkonsentrasi terhadap pengembangan pada sebuah sistem informasi. Mahasiswa Sistem Informasi dituntut untuk memiliki kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sebuah sistem informasi.

Program Studi Sistem Informasi berprinsip sebagai fasilitator, sehingga proses belajar mengajar akan senantiasa terjadi secara dua arah dan selalu menghadirkan pakar-pakar teknologi informasi terkini baik nasional maupun internasional. Sistem Informasi Universitas Jenderal A. Yani pada era New Normal akan didukung oleh sistem pengajaran berbasis teknologi dan mengedepankan pembelajaran online sampai dengan 90% tanpa mengurangi kualitas yang ada.

Dengan bergabung di Program Studi Sistem Informasi, pendaftar memiliki kesempatan yang tinggi untuk berkarir di dunia kemiliteran Indonesia melalui jalur Komponen Cadangan.  Selain itu, juga memiliki program fast track atau jalur cepat untuk langsung S2 Informatika hanya dengan menambah masa studi selama 1 tahun dari total 5 tahun.

Terdapat juga mata kuliah unggulan dalam program studi ini antara lain, Teknologi Spatial, Cyber Security, Audit Sistem Informasi, Pengembangan Proyek Sistem Informasi, dan Inovasi dan Startup Digital.

Pendaftaran Program Studi Sistem Informas dapat melalui USM atau Ujian Saring Mandiri dan masih memiliki dua periode, yaitu periode Juli dan Agustus. Untuk di bulan Juli, pendaftaran dapat dilakukan pada 10 Juni 2021 hingga 7 Juli 2021 dan untuk USM Agustus pada tanggal 8 Juli 2021 hingga 11 Agustus 2021.

Pendafataran juga dapat melalui jalur Bakti Negeri, penerimaan dengan prestasi non-akademik. Seperti ekstrakulikuler sekolah atau putra-putri dosen/guru dan berdomisili di Bandung Raya serta Hafiz Al-Qur’an minimal 5 Juz.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *