Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Edukasi Pasar Modal

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Edukasi Pasar Modal

(Humas Unjani) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal A. Yani menyelenggarakan kegiatan webinar Edukasi Pasar Modal Gen-Z Melek Investasi – “How to Invest your Pocket Intelligently” melalui aplikasi Zoom Meeting. Webinar dilaksanakan pada hari Sabtu (26/06/2021) pagi dengan menghadirkan beberapa narasumber secara online, mengingat masih terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pada kesempatan ini, pembuka acara diberikan kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Neni Maryani, S.E., M.Si., Ak., CA., CPA., CTA. Kegiatan webinar juga di MC-kan oleh Sarah Febrina Yolanda, S.E., alumni Manajemen FEB Universitas Jenderal A. Yani dan dimoderatorkan oleh Ali Rahman Reza Zaputra, S.E., M.Ak., Ak., dosen Jurusan Akutansi FEB Universitas Jenderal A. Yani.

Materi pertama disampaikan oleh Eka Yulianti, S.E., M.Si., dosen KBK Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal A. Yani. Dalam webinar ini, materi yang disampaikan yaitu Investasi dan Pasar Modal. Poin-poin penting dalam presentasi ini yaitu tujuan dari investasi adalah untuk mendapatkan untung di masa yang akan datang. Investasi dapat berupa aset keuangan atau harta yang berwujud. Dalam aset keungan dapat berupa asset finansial, surat-surat berharga, dan yang dapat ditemukan di pasar modal atau pasar uang. Selain itu, sebelum berinvestasi kita harus memahami resikonya.

Materi kedua disampaikan oleh Reza Sadat Shahmeini, S.E., MM., Head of Representatives Indonesia Stock Exchange – West Java & Sumatera. Tema yang dipresentasikan yaitu Gen-Z Melek Pasar Modal. Hal penting dalam presentasi kedua yaitu terdapat beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh Gen-Z dan ekonomi menyulitkan. Contohnya adalah menaiknya harga rumah atau properti daripada nilai pendapatan. Harus melakukan investasi karena adanya inflasi. Investasi dapat digunakan untuk menghindari inflasi, meningkatkan nilai keuangan, ketidakpuasan di masa yang akan datang, dan kebutuhan serta keinginan.

Berikutnya, pembahasan disampaikan oleh Rudi Kurniawan, ST., Wakil Pialang Philip Sekuritas Indonesia dan mempresentasikan tentang Menabung Reksadana dan Saham. Dalam presentasinya, investasi yang paling cocok untuk pemula adalah ilmu dan prakteknya.

Terakhir, presentasi oleh Ersa Aprilia, S.E., alumni Manajemen FEB Universitas Jenderal A. Yani dan juga seorang investor muda. Hal yang dibahas yaitu tips investasi bagi pemula. Beberapa tips investasi untuk pemula yakni pertama selalu mengikuti kegiatan seminar dan pasar modal. Kedua, mencari informasi perusahaan terkait lalu action. Selanjutnya, sisihkan penghasilan dan juga coba menghitung atau menganalisis terkait dengan analisis fundamental. Selalu sabar, tenang, dan ikhlas dalam berinvestasi.

Seluruh penyampaian materi berlangsung dengan baik dan interaktif. Juga terjadi tanya-jawab antara pemateri dan peserta. Dengan begitu, acara berlangsung dengan lancar serta menarik.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *