Webinar Studi Industri Series 2 Jurusan Kimia Universitas Jenderal A. Yani

Webinar Studi Industri Series 2 Jurusan Kimia Universitas Jenderal A. Yani

(Humas Unjani) – Fakultas Sains dan Informatika (FSI), tepatnya Jurusan Kimia Universitas Jenderal A. Yani melaksanakan kegiatan Webinar Studi Industri Series 2 dengan tema Prospek Kerja Lulusan Kimia di Dunia Industri. Webinar dilaksanakan pada hari Sabtu (03/07/2021) pagi melalui aplikasi Zoom Meeting dan diisi oleh pemateri tunggal, Ersan Y. Muslih, Msc.Eng. Beliau merupakan dosen di Universitas Trisakti, mahasiswa Doktoral (Ph.D) di Kanazawa University, Jepang, dan direktur penelitian dan pengembangan PT. Powertech Nano Industri. Selain itu, webinar juga dimoderatorkan oleh Dr. Arie Hardian, Sekretaris Jurusan Kimia FSI Universitas Jenderal A. Yani.

Acara webinar diawali dengan pembacaan rundown kegiatan oleh moderator, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara online. Setelah itu, pada kesempatan ini, sambutan sekaligus pembukaan acara disampaikan oleh Dr. Jasmansyah, Ketua Jurusan Kimia FSI Universitas Jenderal A. Yani.

Kegiatan lalu masuk ke bagian inti yaitu presentasi dari pemateri. Materi yang disampaikan yakni peluang bekerja bagi lulusan Jurusan Kimia. Dalam salah satu penyampaiannya, beliau mengatakan bahwa prospek karier bagi lulusan Kimia dapat berkarir di lembaga-lembaga penelitian seperti contohnya di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), BATAN, LEMIGAS, dan yang lainnya. Selain itu dapat juga untuk menjadi tenaga pengajar baik dosen maupun guru. Peluang karir lainnya yaitu dapat bekerja di sektor industri (semen, obat, migas dll) dan lembaga pemerintahan (Kementerian dan Pemda).

Ersan menyatakan “Kimia adalah ilmu yang universal dari ujung kaki hingga ujung rambut yang sangat dibutuhkan, baik industri hulu hingga hilir membutuhkan kimia”. Ersan juga menyebutkan ilmu kimia juga memiliki softskill yang dipelajari dalam prosesnya, baik itu sifat meneliti dan menggunakan instrumen. Kemampuan analisa dari mahasiswa kimia akan terasah dan berkembang sejalannya waktu. Kemampuan kinestetik juga akan dilatih di ilmu kimia, kemampuan kinestetik adalah kemampuan yang menggabungkan alat dan pikiran yang dalam prakteknya akan belajar handling/menggunakan berbagai alat dengan tepat. Terakhir adalah kemampuan manajemen dimana akan terbiasa dengan nilai parameter, nilai uji, metode uji dan lainnya.

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Editor: Akhirul Kahfi

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *