Magister Kimia Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Perdana

Magister Kimia Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Perdana

(Humas Unjani) – Fakultas Sains dan Informatika (FSI) Universitas Jenderal A. Yani memiliki program studi baru yaitu Magister Kimia. Pada hari Sabtu (10/07/2021) pagi, Magister Kimia mengadakan webinar pertamanya dengan pembahasan Urgensi Studi Lanjut untuk Pengembangan Karir Seorang Sarjana Kimia dan Pendidikan Kimia dalam Menghadapi Era Globalisasi dan Revolusi Industri 4.0. Acara dilakukan secara daring dengan aplikasi Zoom Meeting, mengingat masih terjadinya wabah virus Covid-19 di Indonesia.

Acara ini di moderatorkan oleh Dr. Arie Hardian, S.Si., M.Si., Sekretaris Program Studi (Sekprodi) Kimia Universitas Jenderal A. Yani dan diisi oleh tiga narasumber. Drs., Jaenudin, M.Si., Dr. Anceu Murniati, S.Si., M.Si., dan Hernandi Sujono, S.Si., M.Si, merupakan narasumber pada webinar Magister Kimia ini.

Kegiatan webinar diawali dengan dibacakannya rundown serta tata tertib acara oleh moderator lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Jenderal A. Yani. Pada kesempatan ini, Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D., hadir untuk memberikan sambutan di webinar ini. Dalam memberikan sambutannya, Rektor berpesan, “Alhamdulillah, kita patut bersyukur karena hari ini kita bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat wal’afiat di tengah pandemi covid yang mengganas belakangan ini. Jadi kita harus waspada dan harus hati-hati dan bagi mereka yang pernah positif, bukan berarti tidak akan positif lagi. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati.”

Setelah itu, kegiatan masuk ke bagian inti yaitu paparan materi webinar dari narasumber pertama, Drs. Jaenudin, M.Si., beliau merupakan Ketua Perkumpulan Pendidik Sains Kimia Indonesia (PPSKI). Dalam paparannya, beliau menyampaikan, “Hampir semua industri memerlukan orang yang ber-basic­ Kimia.” Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa Globalisasi dan Revolusi Industri 4.0 merupakan sebuah realitas. Dengan begitu, ini memberikan peluang bagi yang memiliki kompetensi dan akan mengurangi peluang kepada yang belum memiliki kompetensi.

Selanjutnya, webinar masuk kepada paparan dari narasumber kedua, Dr. Anceu Murniati, S.Si., M.Si., yang menjabat sebagai Dekan FSI Universitas Jenderal A. Yani. Dalam penyampaian materinya, kaitan dari tantangan era globalisasi dan revolusi industri 4.0 yakni FSI Universitas Jenderal A. Yani memiliki program studi yang siap untuk menjawab tantangan tersebut. Program studi tersebut antara lain S1 Kimia, Magister Kimia, Informatika, Sistem Informasi, dan Magister Informatika dengan konsentrasi Cyber Security. Profil lulusannya, mengacu pada UU RI No 12 Tahun 2012 yakni tuntutan kebutuhan suatu masyarakat, stake holder diperlukan penyesuaian dinamika perubahan global dalam dunia pendidikan. Lalu, untuk pengembangan iptek: inovasi, kreatifitas, komitmen, dan etos kerja.

Terakhir, merupakan paparan dari narasumber ketiga, Hernandi Sujono, S.Si., M.Si., yang merupakan seorang dosen Kimia Universitas Jenderal A. Yani. Dalam paparannya beliau mengatakan bahwa Magister Kimia Universitas Jenderal A. Yani memiliki dua konsentrasi, Kimia Material dan Kimia Medisinal. Lalu, beliau juga menjelaskan, “Kimia itu bukan suatu hal yang menyeramkan. Justru sesuatu hal yang sangat menyenangkan,” ujarnya. “Waktu webinar yang kedua, disitu dijelaskan bahwa ternyata Kimia ini bisa masuk kemana saja, itu yang luar biasa. Jadi orangnya sedikit, tetapi peluangnya sangat besar. Peluangnya sangat luas. Jadi menurut saya, untuk ilmu Kimia ini adalah sesuatu hal yang langka. Sehingga nanti kita akan jauh mudah untuk bisa melangkah menjadi apa pun,” lanjut Hernandi. Profil lulusan dari Magister Kimia memiliki peluang menjadi seorang Analyst Lab Supervisor, Quality Control & Quality Assurance Supervisor, Research & Development Supervisor, Lecture/Professional Teacher, Professional Research/Chemist, Consultant (Chemical, Envi., etc.), dan pengusaha.

Penyampaian materi berlangsung dengan interaktif antara pemateri dan peserta sehingga acara berjalan dengan sangat menarik. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan kepada pemateri dan dapat dijawab dengan baik oleh pemateri sendiri. Terakhir, acara ditutup dengan pemberian sertifikat kepada tiga narasumber yang telah hadir oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Kimia, Dr. Jasmansyah secara daring.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *