Jurusan Teknik Sipil Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Pengembangan Infrastruktur Pantai di Indonesia

Jurusan Teknik Sipil Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Pengembangan Infrastruktur Pantai di Indonesia

(Humas Unjani) – Fakultas Teknik (FT) Universitas Jenderal A. Yani, khususnya di Jurusan Teknik Sipil, menyelenggarakan webinar Pengembangan Infrastruktur Pantai di Indonesia Dalam Menghadapi Perubahan Iklim Global. Acara diselenggarakan di masa pandemi Covid-19 melalui aplikasi Zoom Meeting dan dilaksanakan pada hari Kamis (15/07/2021) pagi.

Pada kesempatan ini, acara dimulai dengan MC, Evariawati Sinaga, S.H. untuk membacakan susunan acara dan tata tertib selama webinar berlangsung. Dalam kegiatan webinar ini, hadir Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M, Ph.D; Dekan Fakultas Teknik Universitas Jenderal A. Yani, Dr. Ir. Ferry Rusgiyarto, M.T.; Ketua Jurusan Teknik Sipil Universitas Jenderal A. Yani, KRHT. H. Rono Hadinagoro, Ir., MT.; Narasumber pertama, Adi Prasetyo, S.T., M.Eng., Ph.D; dan Narasumber kedua, Prof. Dr. Ir. Bambang Triatmodjo, CES., DEA.

Kegiatan webinar ini diikuti oleh kurang lebih 300 participants dari 600 pendaftar melalui Zoom Meeting dan sebagian streaming melalui kanal YouTube. Para peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia antara lain Aceh (Universitas Syiah Kuala) dan Papua (Universitas Cenderawasih dan PT. Freeport Indonesia). Salah satu peserta juga ada yang berasal dari luar negeri yaitu dari Tiongkok (Universitas Zhejiang).

Pembukaan dan sambutan webinar disampaikan oleh Rektor Universitas Jenderal A. Yani. Dalam sambutannya Rektor menyampaikan, “Terkait topik webinar yang saat ini akan kita bahas, ini sangat penting karena ini berbicara soal pengembangan infrastruktur pantai di Indonesia. Kita tahu bahwa ini sangat penting karena apa, kita merupakan negara kepulauan yang tentu kita punya banyak pantai.” Rektor juga menambahkan, “Saya berharap bahwa ada sesuatu yang bisa disampaikan disini dan nantinya, kalau misalnya sesuatu ini baik, ini akan saya sampaikan ke Bapak KASAD. Untuk kemudian, apa yang bisa dilakukan oleh TNI Angkatan Darat di dalam membantu masyarakat untuk menghadapi perubahan iklim global ini.”

Selanjutnya, kegiatan masuk ke bagian inti yakni paparan materi dari para narasumber dan dimoderatorkan oleh Chairunnisa, S.T., M.T., dosen Jurusan Teknik Sipil Universitas Jenderal A. Yani.

Materi pertama disampaikan oleh Adi Prasetyo, S.T., M.Eng., Ph.D. Beliau merupakan Kepala Balai Teknik Pantai – Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan membahas topik Adaptasi Perubahan Iklim dalam Pengembangan Struktur Pelindung Pantai di Indonesia. Poin-poin yang didapat dari pemateri pertama antara lain, perubahan iklim global menyebabkan naiknya muka air laut, badai siklon tropis, dan juga menyebabkan meningkatnya erosi dan abrasi. Akibat dari perubahan iklim global, kawasan pesisir menjadi kawasan yang sangat rentan terhadap potensi bencana. Perlu dilakukan perlindungan terhadap kawasan pesisir dengan upaya struktural maupun non-struktural.

Berikutnya, pemaparan materi kedua oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Triatmodjo, CES., DEA. Beliau adalah Guru Besar di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik – Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada webinar ini, beliau membahas topik Dampak Perubahan Iklim Terhadap Proses Pantai dan Pengembangan Pelabuhan. Poin-poin yang didapat dari presentasi kedua yaitu, dalam menghadapi iklim global, maka dalam perencanaan bangunan pantai dan pelabuhan harus memperhatikan, kenaikan muka air laut dalam menentukan elevasi puncak bangunan. Tinggi gelombang yang semakin besar akibat terjadinya badai pengaruh dari perubahan iklim global, harus diperhitungkan dalam menentukan dimensi dan stabilitas bangunan pantai. Abrasi dan sedimentasi yang meningkat akibat gelombang yang besar juga harus diperhitungkan dan diantisipasi dalam merencanakan pelabuhan.

Setelah pemaparan materi dari kedua narasumber, acara dilanjutkan ke sesi tanya-jawab. Penyampaian materi pada webinar ini berjalan dengan baik dan menarik, sehingga acara berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah dirancang.

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *