Bersama BLAJAR.ID, Program Studi Sistem Informasi Univ. Jenderal Achmad Yani Mengadakan Webinar Startup Bisnis Digital

Bersama BLAJAR.ID, Program Studi Sistem Informasi Univ. Jenderal Achmad Yani Mengadakan Webinar Startup Bisnis Digital

(Humas Unjani) – Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Fakultas Sains dan Informatika (FSI) Universitas Jenderal A. Yani kembali mengadakan webinar dalam masa pandemi Covid-19 melalui aplikasi Zoom Meeting. Kali ini webinar diselenggarakan bersama BLAJAR.ID bertema Startup Bisnis Digital, Belajar Bikin Startup Bisnis dari SMA: Menggali Kebutuhan Sekitar dan Menjadi Pengusaha Sejak Remaja dan dilaksanakan pada hari Sabtu (17/07/2021) siang dengan pemateri, Faiza Renaldi, S.T., M.Sc. Selain itu, webinar juga dimoderatorkan oleh Kak Nesha, IELTS Instructor dari BLAJAR.ID.

Pada kegiatan ini, peserta webinar yang hadir berjumlah kurang lebih 187 peserta dan berasal dari kalangan pelajar SMA, SMK, dan peserta umum non-pelajar. Peserta webinar yang hadir juga berasal dari pulau yang berbeda-beda diantaranya, Pulau Sumatera, Pulau Jawa dan Madura, Pulau Kalimantan, Pulau Bali dan Nusa Tenggara, Pulau Sulawesi, Pulau Maluku dan Papua.

Acara langsung memasuki ke bagian inti yaitu presentasi dari Faiza Renaldi, S.T., M.Sc., dosen Prodi SI FSI Universitas Jenderal A. Yani, konsultan transformasi digital UMKM Indonesia, dan sekaligus digital business startup mentor. Dalam paparannya, pemateri menyampaikan beberapa poin yang penting antara lain, dengan menemukan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar, hal tersebut dapat diubah menjadi peluang bisnis. Manusia sifatnya tidak bisa diam, jika seseorang memiliki sifat tersebut kemungkinan 50% berpeluang menjadi wirausaha, tetapi hal tersebut masih belum cukup, harus memikirkan juga bagaimana bisnis kita dapat bisa dikenal oleh masyarakat.  Bisnis diciptakan untuk berkelanjutan, tidak hanya berhenti di era kita, tetapi bisa berlanjut hingga anak – cucu, dan seterusnya. Oleh karena itu, diperlukan belajar dan berlatih dalam membangun bisnis.

Selain itu, bisnis digital adalah bisnis yang berkaitan dengan teknologi, menawarkan kepada perusahaan dan pelanggannya cara baru untuk terhubung, berkolaborasi, menjalankan bisnis, dan membangun relasi di antara mereka. Terdapat langkah-langkah dalam memulai bisnis digital dari remaja yakni, amati fenomena yang ada di sekitar baik lokal ataupun global, membuat landing page sederhana dan start selling mulai dari hari pertama, evaluasi hasil penjualan awal untuk membuat rencana yang lebih matang, membangun tim yang lebih kuat; selalu upayakan untuk memiliki mentor bisnis, masuk dan berada di dalam lingkungan pendidikan yang saat mendukung kewirausahaan, lakukan perencanaan teknologi yang akan diimplementasikan (website, mobile application, social media marketing, eCommerce, dsb), bergabung bersama Angel Investors (3Fs: Friends, Families, and Fools) untuk mendanai bisnis kita.

Dalam membangun bisnis digital, persiapan yang disiapkan diantaranya, validasi bisnis dengan menggunakan landing page sederhana, memiliki media sosial dan publikasikan seluruh ide kalian di media tersebut, membuat sebuah website yang lebih formal untuk menginformasikan bisnis kita; lengkapi dengan fungsi-fungsi eCommerce untuk langsung berinteraksi dengan pelanggan , dan perkuat bisnis digital dengan memiliki sebuah mobile application.

Penyampaian materi berlangsung dengan interaktif antara pemateri dan peserta sehingga acara berjalan dengan sangat menarik. Terdapat banyak pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan kepada pemateri terkait membangun bisnis digital tersebut dan dijawab dengan baik oleh pemateri. Acara berjalan dengan lancar, tidak ada kendala, dan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *