Jurusan Kimia Universitas Jenderal A. Yani Kembali Mengadakan Webinar Studi Industries Series

Jurusan Kimia Universitas Jenderal A. Yani Kembali Mengadakan Webinar Studi Industries Series

(Humas Unjani) – Fakultas Sains dan Informatika (FSI) Universitas Jenderal A. Yani, tepatnya Jurusan Kimia, mengadakan webinar Studi Industries Series 3 yang merupakan kelanjutan dari dua webinar industri sebelumnya. Webinar kali ini bertema Tips Sukses Studi Lanjut Alumni Kimia Unjani di Dalam dan Luar Negeri serta dilaksanakan pada hari Sabtu (17/07/2021) pagi melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini diisi oleh dua pemateri yaitu Dr. Eri Bachtiar, S.Si., M.Si., dan Medelky Anouw, S.Si, lalu dimoderatorkan oleh dosen Jurusan Kimia Universitas Jenderal A. Yani, Sari Purbaya, S.Si., M.Si.

Kegiatan acara diawali dengan pembacaan rundown oleh moderator dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta Mars Universitas Jenderal A. Yani. Berikutnya, merupakan pembukaan acara dan sambutan dari Ketua Jurusan Kimia Universitas Jenderal A. Yani, Dr. Jasmansyah, Drs., M.Si. “Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, bahwa webinar ini saya buka. Akhir kata saya ucapkan selamat menikmati acara webinar ini, Insha Allah akan memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Selalu jaga kesehatan. Jadi dengan pandemi ini kita tetap harus menjaga kesehatan itu penting sekali,” ujar Jasmansyah dalam sambutannya.

Setelah acara dibuka, selanjutnya langsung masuk ke bagian inti yaitu paparan presentasi dari para pemateri webinar.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. Eri Bachtiar, S.Si., M.Si., yang merupakan dosen Program Studi Ilmu Kelautan – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran (Unpad) sekaligus alumni Jurusan Kimia Universitas Jenderal A. Yani tahun 1996. Beliau membahas tips sukses studi lanjut bagi alumni Jurusan Kimia Universitas Jenderal A. Yani di dalam negeri. Poin-poin yang disampaikan antara lain, apabila ingin studi lanjut, calon penstudi harus memperoleh informasi yang lengkap mengenai berbagai perguruan tinggi dan membaca diri. Memiliki tekad, minat, kemauan, dan keinginan harus sejalan dengan kemampuan. Melakukan survey terkait akreditasi kampus yang akan dituju serta mengadakan survey biaya perkuliahan. Selanjutnya yaitu mencari informasi tentang beasiswa dan tidak lupa agar selalu berdoa.

Pada webinar ini, pemateri kedua, Medelky Anouw, S.Si. yang dijadwalkan untuk membahas tips studi lanjut alumni Jurusan Kimia Universitas Jenderal A. Yani di luar negeri, berhalangan untuk hadir karena gangguan koneksi jaringan yang bersangkutan. Maka dari itu, pada webinar ini hanya dibahas oleh pemateri tunggal.

Setelah menyampaikan materi, webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini, terlihat banyak pserta yang antusias dan menanyakan beberapa pertanyaan kepada pemateri. Dengan kata lain, acara webinar ini berlangsung dengan interaktif dan menarik, sehingga acara berjalan dengan baik serta berjalan sesuai dengan rencana. Pada akhir acara, dilakukan penyerahan sertifikat kepada pemateri secara virtual dan foto bersama.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *