Program Studi Informatika FSI Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Young Entrepreneur

Program Studi Informatika FSI Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Young Entrepreneur

(Humas Unjani) – Fakultas Sains dan Informatika (FSI) Universitas Jenderal A. Yani, tepatnya pada Program Studi (Prodi) Informatika, kembali mengadakan webinar pada masa pandemi Covid-19 melalui aplikasi Zoom Meeting. Webinar kali ini bertema Young Entrepreneur – Sambil Kuliah Mengembangkan Bisnis Berbasis Digital dan diselenggarakan pada hari Sabtu (17/07/2021) pagi. Acara ini dipandu oleh Irma Santikarama, S.Kom., M.T., dosen Prodi Informatika dan Sistem Informasi FSI Universitas Jenderal A. Yani. Selain itu, webinar juga dimoderatorkan oleh Faiza Renaldi, S.T., M.Sc., yang juga merupakan dosen Prodi Informatika FSI Universitas Jenderal A. Yani.

Pada kesempatan ini, hadir juga Ketua Prodi (Kaprodi) Informatika, Wina Witanti, S.T., M.T. untuk memberikan sambutan acara. “Mudah-mudahan, apa yang disampaikan oleh pemateri yang hebat kali ini, bisa menginspirasi teman-teman SMA, atau ada yang SMK atau mahasiswa, yang mulai mau berbisnis di masa pandemi ini. Karena ternyata, dengan memanfaatkan teknologi informasi, di teknologi era digitalisasi ini, semua bisa jadi uang,” ujar Wina.

Setelah sambutan, acara langsung masuk ke bagian inti yaitu paparan dari pemateri tunggal, Sigit Anggoro, S.T., M.T. Beliau merupakan dosen Prodi Sistem Informasi dan Informatika FSI Universitas Jenderal A. Yani dan juga CEO Digimark. Pemateri membahas tema yang diusung karena di masa pandemi, bisnis digital berkembang secara bagus, menemukan momentummnya dan disisi lain juga ada kesulitan ekonomi akibat dari pandemi. Sigit menekankan kepada peserta acara bahwa tidak ada salahnya sambil kuliah tetapi juga berbisnis. Menurutnya, ada manfaat yang bisa didapatkan antara lain dapat membantu orangtua dalam membiayai kuliah kalau memang sedang kuliah. Berikutnya, dapat mempersiapkan bisnis yang besar dan dimulai dari bisnis kecil.

Poin-poin yang disampaikan lainnya antara lain, yang harus dimiliki oleh digital entrepreneur yakni komitmen dan integritas tinggi, berpikir analitik dan strategik, sikap professional (digital) marketer, kemauan kuat untuk selalu belajar, kemampuan menyampaikan ide inovatif, mampu menggunakan data untuk membuat keputusan, dan kemampuan dalam membangun tim. Selain itu, apabila ingin membangun bisnis, pertama harus riset ide bisnis. Kedua, buat model bisnis sederhana dan strategi bisnisnya. Lalu, mulai berani mencoba untuk Go Online dan lakukan analisis performance bisnis.

Webinar dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta kepada pemateri melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ditutup dengan promosi Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Prodi Informatika FSI Universitas Jenderal A. Yani dan melakukan foto bersama secara virtual. Pada akhir webinar juga ditayangkan video profil dari Prodi Informatika.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *