Teknik Kimia FT Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Series Industri Pulp & Kertas

Teknik Kimia FT Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Series Industri Pulp & Kertas

(Humas Unjani) – Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) Universitas Jenderal A. Yani mengadakan webinar Pengelolaan Energi di Industri Pulp & Kertas pada masa PPKM secara virtual. Webinar ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting dan diselenggarakan pada hari Kamis (22/07/2021) pagi serta mengundang Dr. Syamsudin, S.T., M.Si. sebagai pemateri tunggal pada acara ini. Kegiatan webinar juga dipandu oleh Andini Hizbiyati.

Acara lalu masuk ke bagian inti dan dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara virtual. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Kimia FT Universitas Jenderal A. Yani, Lulu Nurdini, ST., MT., lalu dilakukan dokumentasi atau foto bersama secara virtual. Acara dimulai dan dimoderatorkan oleh Qifni Yasa’ Ash Shiddiqi, S.T., M.T., dosen Teknik Kimia FT Universitas Jenderal A. Yani.

Paparan materi pada webinar ini disampaikan oleh Dr. Syamsudin, S.T., M.Si., dosen Teknik Kimia FT Universitas Jenderal A. Yani dan juga Praktisi Balai Besar Pulp & Kertas. Beliau akan membahas Pengelolaan Energi di Industri Pulp & Kertas. “Setiap tahun, dengan cadangan yang ada ini, maka diperkirakan untuk yang batubara ini akan habis dalam waktu 71 tahun. Sehingga, merupakan upaya kerja keras dari kita semua khususnya dari Pemerintah untuk bisa menyediakan sumber-sumber energi yang terbarukan,” tutur pemateri dalam presentasi tentang kondisi energi di Indonesia.

Terdapat salah satu poin yang penting dalam presentasi ini yaitu 8 sektor industri yang lahap energi atau memakan energi yang banyak. Menurutnya, 8 sektor industri yang lahap energi antara lain Pulp & Kertas, Tekstil, Baja, Kimia, Pupuk, Keramik, Semen, serta Makanan & Minuman. Selain itu, pemateri juga menyampaikan bahwa industri pulp & kertas di Indonesia dengan jumlah terbesar terdapat di Pulau Jawa sedangkan di Pulau Sumatera, terdapat pabrik yang terintegrasi pulp & kertas.

Kegiatan webinar berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Dengan begitu, acara dapat berjalan selama kurang lebih 60 menit dan berlangsung sangat menarik bagi yang memiliki minat dalam bidang industri pulp & kertas.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *