Teknik Kimia FT Universitas Jenderal A. Yani Kembali Mengadakan Webinar Series Industri Pulp & Kertas

Teknik Kimia FT Universitas Jenderal A. Yani Kembali Mengadakan Webinar Series Industri Pulp & Kertas

(Humas Unjani) – Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) Universitas Jenderal A. Yani kembali mengadakan webinar industri pulp & kertas, Peran Bioteknologi untuk Industri Pulp & Kertas pada masa pandemi Covid-19 dan masa PPKM secara virtual. Webinar ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting dan diselenggarakan pada hari Kamis (29/07/2021) pagi serta mengundang Dr. Hendro Risdianto sebagai pemateri tunggal pada acara ini. Kegiatan webinar juga dipandu oleh Andini Hizbiyati.

Acara lalu masuk ke bagian inti dan dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan dokumentasi atau foto bersama secara virtual. Acara dimulai dan dimoderatorkan oleh Qifni Yasa’ Ash Shiddiqi, S.T., M.T., dosen Teknik Kimia FT Universitas Jenderal A. Yani.

Paparan materi pada webinar ini disampaikan oleh Dr. Hendro Risdianto, dosen Teknik Kimia FT Universitas Jenderal A. Yani dan juga Praktisi Balai Besar Pulp & Kertas. Beliau membahas Peran Bioteknologi untuk Industri Pulp & Kertas. “Kita ketahui bahwa, mungkin isu global, isu global sekarang mungkin tentang pandemi. Tapi sebelumnya, selain itu juga kita ketahui bahwa beberapa isu global yang ada di dunia ini ada tentang penggunaan air, kemudian ada tentang overpopulation atau populasi dunia yang terus meningkat, dan terakhir juga ada tentang perubahan iklim yaitu naiknya suhu permukaan bumi,” ujar pemateri dalam membuka paparan presentasinya.

Terdapat beberapa poin penting yang disampaikan oleh pemateri antara lain, menurut pemateri, dalam industri pulp & kertas saat ini sedang dikembangkan tentang bioteknologi. Bioteknologi merupakan sistem yang menggunakan makhluk hidup atau enzim, yang bisa digunakan untuk proses industri atau untuk pengolahan waste treatment plants. Selain itu, terdapat enzim-enzim pada pembuatan pulp & kertas yaitu, Pektinase, Xilanase, Selulase, Lakase, Lipase, dan Amilase. Keenam enzim tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Kesimpulan yang dapat disimpulkan dalam webinar ini, bioteknologi pada pulpmaking dan papermaking merupakan salah satu strategi dalam penerapan clean atau green technology. Hal ini dapat mengurangi konsumsi bahan kimia dan hemat energi serta ramah lingkungan.

Acara berjalan dengan baik dan lancar. Tidak ada hal-hal yang mengganggu jalannya acara, selain itu acara juga berjalan sesuai dengan agenda yang telah dirancang.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *