Fakultas Psikologi Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Persiapan Memasuki Perguruan Tinggi

Fakultas Psikologi Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Persiapan Memasuki Perguruan Tinggi

 (Humas Unjani) – Fakultas Psikologi Universitas Jenderal A. Yani mengadakan webinar Mempersiapkan Remaja Memasuki Perguruan Tinggi pada masa pandemi Covid-19 dan PPKM melalui aplikasi Zoom Meeting. Webinar dilaksanakan pada hari Sabtu (31/07/2021) pagi dengan menghadirkan pemateri tunggal, Dr. Fitri Ariyanti Abidin, M.Psi., Psikolog., serta kegiatan dimoderatorkan oleh Selfiyani Lestari, S.Psi., M.Si.

Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya lalu dilanjut dengan sambutan oleh Dr. Arief Budiarto, DESS., selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Jenderal A. Yani. Dalam sambutannya, beliau mengatakan, “Sesi ini adalah salah satu kontribusi Fakultas Psikologi, untuk Bapak-Ibu sekalian semoga kita bisa banyak mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.”

Selanjutnya, kegiatan memasuki acara inti yaitu paparan presentasi dari Dr. Fitri Ariyanti Abidin, M.Psi., Psikolog., Psikolog Klinis Anak dan Remaja dan juga dosen Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran (Unpad). Terdapat poin-poin yang disampaikan oleh pemateri yaitu, terdapat beberapa tahap perkembangan anak, tahap pra-sekolah atau usia dini, tahap SD atau masa anak, tahap SMP-SMA atau transisi masa anak-remaja, dan tahap kuliah atau transisi masa remaja-dewasa. Dunia perguruan tinggi atau dunia perkuliahan merupakan penentuan profesi atau jangka panjang. Sistem pendidikan yang menuntut regulasi diri, terpisah dari orangtua, dan tugas perkembangan.

Terdapat tantangan dalam mengasuh anak pada usia remaja-dewasa karena kemandirian dan perbedaan pilihan. Orangtua menginginkan agar anak sukses dan tidak gagal. Orangtua juga lebih memiliki pengalaman dibanding anak, serta memberi dukungan finansial, psikologis dan spiritual. Sedangkan anak, yang akan mengatasi hambatan dan tantangan serta memiliki tujuan hidup. Anak lebih paham kondisi kekinian, dan fungsi otak yang mengatur kematangan pengambilan keputusan belum sempurna.

Terdapat tips praktis membangun koneksi pada masa pandemi antara lain, ritual momen santai keluarga, utarakan pengakuan dan pujian, mengeksplorasi solusi, akui masalah anggota keluarga sama dengan masalah bersama, dan harus yakin bahwa semua anggota keluarga berdaya.

Acara berjalan dengan baik dan lancar. Terdapat pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan dari peserta dan dijawab dengan baik oleh pemateri. Dengan demikian, acara juga berlangsung interaktif dan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubrto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *