Program Studi Sistem Informasi FSI Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Trial Class

Program Studi Sistem Informasi FSI Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Trial Class

 (Humas Unjani) – Fakultas Sains dan Informatika (FSI) Universitas Jenderal A. Yani tepatnya pada Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) mengadakan Trial Class atau Kelas Percobaan dengan tema Pengenalan Sistem Informasi secara virtual. Kegiatan ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 dan perpanjangan PPKM melalui aplikasi Zoom Meeting dan diselenggarakan pada hari Kamis (19/08/2021) siang. Dalam kesempatan ini, dua dosen dari Prodi SI, Irma Santikarama, S.Kom., M.T., dan Tacbir Hendro P., S.Si., M.T., menjadi pembicara dan moderator pada kegiatan ini.

Acara langsung ke bagian inti yaitu paparan tentang Pengenalan Sistem Informasi dari pembicara, Irma Santikarama, S.Kom., M.T. Pada Prodi SI,  kita akan mempelajari pengetahuan mendalam tentang kerangka teori sistem informasi dan implementasi sistem informasi dalam berbagai macam aktivitas manusia. Sistem adalah komponen yang memiliki satu tujuan dan sistem informasi berkaitan dengan people, data, network, hardware, dan software. Sistem informasi secara umum adalah suatu sistem yang mengkombinasikan antara aktivitas manusia dan penggunaan teknologi untuk mendukung manajemen dan kegiatan operasional.

Perbedaan antara sistem informasi dengan informatika adalah sistem informasi lebih untuk managerial, bisnis, sumber daya manusia, perancangan, dan analisis sedangkan informatika adalah membuat kodingan algoritma. Dengan mengambil jurusan kuliah Sistem Informasi, prospek kerja menjadi ASN lebih terbuka, terlebih untuk menjadi anggota TNI Angkatan Darat dan Komponen Cadangan (Komcad).

Sistem informasi sangat dipakai pada hampir seluruh aspek kehidupan. Aspek-aspek yang dimaksud antara lain, aspek kesehatan, aspek pendidikan, aspek organisasi dan bisnis, aspek pemerintahan, dan aspek pertanian.

Kegiatan pengenalan sistem informasi berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan ini juga sangat interaktif, terdapat pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan dari peserta acara dan dijawab dengan baik oleh pembicara. Dengan demikian, kegiatan berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan sesuai dari perencanaan yang telah dirancang.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *