UKMI Al-Hidayah Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Muslim Gathering Secara Virtual

UKMI Al-Hidayah Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Muslim Gathering Secara Virtual

(Humas Unjani) – Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Al – Hidayah Universitas Jenderal A. Yani mengadakan webinar dan gathering secara virtual dalam masa pandemi Covid-19 melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu (21/08/2021) sore dengan topik pembahasan Dear Allah, Please Love Me dan menghadirkan Ustadz Zaky Ahmad Rivai sebagai pembicara.

Acara langsung ke bagian inti dengan paparan dari Ustadz Zaky Ahmad Rivai dengan membahas Muara Cinta Manusia. Terdapat beberapa poin bahasan yang disampaikan oleh pembicara yakni, cinta tidak muncul disebabkan kecantikan dan keindahan tetapi cinta tumbuh karena kecocokan jiwa dan kesamaan karakter. Ketika kita mencintai, bukan karena suatu keindahan atau kecantikan, itu hanyalah sebagai salah satu alasan. Yang paling penting adalah kecocokan dan kita ingin memiliki karena kecocokan. Begitu juga cinta kita kepada Allah, untuk mendapatkan cintanya Allah maka kita harus mengetahui kecocokannya apa. Allah senangnya pada apa, lalu apa yang Allah benci. Jadi kita harus mencari kecocokan tersebut dan kita tujukan untuk mencintai Allah dan Rasul-Nya.

Selain itu, motif cinta adalah perasaan yang diikuti dengan kehendak dan kecenderungan. Ibnul Qayyim menyebutkan bahwa motif cinta harus memenuhi dua syarat yaitu sifat-sifat yang melekat pada diri sosok yang dicintai (Al-Mahbub) sehingga menjadi motif bagi pecinta (Al-Muhib) untuk mencintai yang dicinta, perasaan yang melekat pada diri Al-Muhib beserta kecocokan antara Al-Muhib dengan Al-Mahbub yang menjadi pengikat antara mereka berdua. Bagaimana Allah mencintai kita, maka penuhi sifat-sifat yang yang menyebabkan Allah cinta pada kita. Sifat taat kepada Allah, sifat menjauhi pada kemaksiatan, sifat yang menjauhi segala yang menyebabkan hawa nafsu bangkit.

Terdapat tujuh poin untuk mengetahui bagaimana kita mencintai Allah. Banyak mengingat pada apa yang kita cintai, merasa kagum, merasa ridho, tadhiyah (berkorban), takut, berharap, dan taat. Poin terpenting adalah taat. Ketika kita ingin mendapatkan surganya Allah, maka ikuti alur permainan Allah, dan ikuti cara masuk surganya Allah.

Poin-poin diatas adalah bagaimna caranya kita sebagai manusia bisa mencintai Allah, dan mengetahui apakah betul Allah mencintai kita. Untuk mencapainya sebenarnya tidak sulit, yang sulit adalah ketika kita memelihara hawa nafsu kita sampai hawa nafsu menguasai diri kita sendiri.

Kegiatan berjalan dengan menarik dan interaktif. Pembicara menjawab dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh peserta yang mengikuti webinar. Kegiatan juga berjalan dengan lancar dan diikuti oleh kurang lebih 40 peserta.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *