Teknik Elektro Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Alumni Homecoming

Teknik Elektro Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Webinar Alumni Homecoming

(Humas Unjani) – Fakultas Teknik (FT) Universitas Jenderal A. Yani tepatnya pada Jurusan Teknik Elektro, mengadakan Alumni Homecoming secara virtual pada masa pandemi Covid-19 dan perpanjangan PPKM melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu (21/08/2021) pagi dengan menghadirkan Asep Saepudin, S.T. dan Nando Sugawa, S.T., M.M. sebagai pembicara pada kegiatan webinar.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan langsung masuk ke bagian inti dengan paparan presentasi dari pembicara pertama, Asep Saepudin S.T., alumni Teknik Elektro Universitas Jenderal A. Yani tahun 1989 dan lulus pada tahun 1995. Pembahasan yang dipresentasikan yaitu Pengenalan Dasar Teknik Kendali dan Otomasi di Industrial. Dalam paparannya, terdapat beberapa hal yang disampaikan. Seperti, definisi Teknik Kendali yaitu bidang ilmu keteknikan yang mempelajari berbagai sistem kendali dan teknik mengendalikan suatu pengukuran nilai masukkan serta keluaran untuk mendekati nilai stabil. Teknik otomasi merupakan sistem control yang terintegrasi, salah satu bagian dari teknik kendali, tidak memiliki nilai pengukuran tetapi dapat dikendalikan, dan bekerja berdasarkan logika yang terprogram.

Berikutnya merupakan paparan presentasi dari pembicara kedua, Nando Sugawa, S.T., M.M., alumni Teknik Elektro tahun 2002 dan lulus pada tahun 2007. Pembicara kedua membahas tentang Basics of Using and Controlling Cloud Base Applications. Salah satu hal yang disampaikan yaitu, terdapat karakteristik umum dan esensial pada Cloud Computing. Karakteristik umum meliputi skala massive, homogenitas, virtualisasi, low-cost software, resilient computing, distribusi geografik, orientasi servis, dan advance security. Sedangkan karakteristik esensial yang dimiliki yaitu on demand self-service, broad network access, resource pooling, rapid elasticity, dan measured service.

Kegiatan webinar alumni homecoming berjalan dengan baik dan lancar. Dengan demikian, acara sesuai yang diharapkan.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *