Fakultas Sains dan Informatika Universitas Jenderal A. Yani Berperan dalam Membangun Ketahanan Bangsa

Fakultas Sains dan Informatika Universitas Jenderal A. Yani Berperan dalam Membangun Ketahanan Bangsa

(Humas Unjani) – Fakultas Sains dan Informatika (FSI) Universitas Jenderal A. Yani menggelar kegiatan open house secara virtual dan membahas Membangun Ketahanan Bangsa Melalui Sains dan Informatika dalam masa pandemi Covid-19 melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu (28/08/2021) siang dengan menampilkan dua keynote speakers, Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D dan Ketua Umum Masyarakat Komputasi Indonesia, Muhammad Abdulkadir Martoprawiro, Ph.D.

Acara yang berisikan webinar mengenai peran sains dan informatika ini memperlihatkan bagaimana upaya dari Universitas Jenderal A. Yani melalui FSI dapat menjadi unsur penting di dalam upaya ketahanan bangsa.

Kegiatan open house ini dihadiri oleh hampir 500 peserta dari berbagai kalangan, sebagian besar merupakan siswa-siswi SMA, SMK dan sederajat, serta mahasiswa-mahasiswi sains dan informatika se-Indonesia. Berdasarkan hal ini, dapat dilihat bahwa pemuda Indonesia sangat tertarik pada perkembangan sains dan informatika di Indonesia.

Dalam sambutannya, Dekan FSI Universitas Jenderal A. Yani, Dr. Anceu Murniati, S.Si., M.Si., mengatakan bahwa ketahanan bangsa adalah sebuah kondisi yang berisi ketangguhan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan dalam menghadapi segala tantangan, ancaman, hambatan, serta gangguan. “Di era penerapan sains dan teknologi yang intens pada saat ini, unjuk kekuatan persenjataan sudah bukanlah merupakan kekuatan utama pertahanan sebuah negara, melainkan bagaimana kemampuan negara tersebut menjadi yang terdepan dalam hal sains dan teknologi,” ujarnya.

Berikutnya, acara dibagi menjadi dua bagian sesi paralel dengan membahas Menjadi Master Kimia Millenial Bertaraf Internasional di Usia 23 Tahun di ruang pertama, dengan pembicara Dr. Jasmansyah, M.Si., Ketua Jurusan Kimia FSI Universitas Jenderal A. Yani, dan Hernandi Sujono, S.Si., M.Si., dosen Jurusan Kimia FSI Universitas Jenderal A. Yani. Ruang kedua pada sesi ini membahas Pengenalan Teknologi Game dan Digital Marketing dengan pembicara dengan pembicara Rezki Yuniari, S.Si., M.T. dan Sigit Anggoro, S.T., M.T., keduanya merupakan dosen Program Studi Informatika dan Sistem Informasi FSI Universitas Jenderal A. Yani. Pada kedua sesi ini, dapat dilihat bahwa antusiasme peserta sangat tinggi dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan pada sesi ini.

Kegiatan open house berjalan dengan lancar dan interaktif. Dengan demikian, kegiatan berjalan sesuai dengan harapan dan berlangsung dengan menarik.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *