Sidang Senat Terbuka Universitas Jenderal Achmad Yani Dalam Rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022

Sidang Senat Terbuka Universitas Jenderal Achmad Yani Dalam Rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022

(Humas Unjani) – Sidang Senat Terbuka dalam rangka Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani TA 2021/2022 yang sekaligus pembukaan pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), berlangsung   Kamis (16/09/21), di Aula Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi. Sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19, sidang senat diselenggarakan secara hybrid. Acara dihadiri oleh Senat/Guru Besar Universitas Jenderal Achmad Yani, Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi beserta jajaran Pengurus, Rektor beserta jajaran Wakil Rektor 1, 2 dan 3, serta 10 orang perwakilan Mahasiswa Baru mewakili 10 fakultas, dengan tetap menjalankan protokol Kesehatan Covid -19  yang sangat ketat. Sedangkan mahasiswa baru lainnya mengikuti kegiatan secara virtual melalui apllikasi Zoom Meeting.

Wakil Rektor 1 Dr. Agus Subagyo, S.I.P., M.Si., dalam pidato akademiknya menyampaikan sesuai SKEP Rektor Nomor 320 tanggal 14 September 2021, bahwa jumlah mahasiswa baru Universitas Jenderal Achmad Yani tahun akademik 2021/2022 berjumlah 4.392 mahasiswa, sudah termasuk 970 Mahasiswa Baru STIKES Jenderal Achmad Yani yang kini telah menjadi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan (FITKes).

Rektor Univ. Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M, Ph.D.,  dalam pidato sambutannya menyampaikan, keuntungan yang akan didapat mahasiswa apabila memutuskan untuk masuk ke Universitas Jenderal Achmad Yani, yaitu akan mendapatkan pendidikan disiplin yang tinggi dan dapat kesempatan  melaksanakan kegiatan magang di kesatuan-kesatuan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), sebagaimana arahan Bapak KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa, selaku Ketua Dewan Pembina YKEP. Selanjutnya dalam pelaksanaan PKKMB, Rektor berharap agar rangkaian pelaksanaan PKKMB dapat berjalan dengan lancar meskipun dilaksanakan secara virtual/daring. Selain itu, Rektor juga menyampaikan harapannya bagi mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 agar tetap memiliki semangat belajar yang tinggi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), Letnan Jenderal TNI (Purn.) Tatang Sulaiman, S.Sos., M.Si., memberikan pembekalan terkait apa yang harus dilakukan oleh mahasiswa agar bertanggung jawab sesuai dengan peran, tugas pokok dan fungsi, yaitu belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh agar tercapai cita-cita. Menjadi pintar, terampil, dan lulus tepat waktu.

Sementara itu Wakil Rektor 3 dr. Dewi Ratih Handayani, M.Kes., usai acara pokok sidang senat, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa PKKMB bertujuan untuk memberikan informasi yang sejelas-jelasnya tentang berbagai organisasi dilingkungan kampus, proses belajar di perguruan tinggi, adaptasi lingkungan  kampus serta hal lain lain yang terkait dengan tridhaharma perguruan tinggi. Selain itu dalam pelaksanaan PKKMB juga diberikan pembekalan kepada mahasiswa baru, bahwa  mahasiswa UNJANI harus bergerak maju untuk menyongsong era society 5.0. Pelaksanaan PKKMB Universitas Jenderal Achmad Yani berpedoman pada arahan   LLDIKTI Wilayah IV, berlangsung secara virtual yang telah teragenda selama 2 hari di universitas, dilanjutkan di fakultas dan program studi,” ucap Dewi.

Dua perwakilan mahasiswa yang hadir secara luring yakni, Dita Nurul dan Fadhila Fajar Rabbani (mhs T. Industri Fakultas Teknologi Manufaktur), merasa “bangga dan seru” karena telah menjadi perwakilan yang bisa mengikuti sidang secara offline. “Saya harap agar panitia PKKMB untuk terus semangat dan seluruh mahasiswa yang lain agar jangan lupa belajar,” tutur Dita Nurul, perwakilan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran.

Rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) TA. 2021/2022 akan berlangsung hingga tanggal 21 September 2021.

 

Penulis: INKOM Universitas Jenderal A. Yani

Editor: Suhaeli Nasution

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *