Tips dan Trik Membangun Bisnis dengan Digital Marketing bersama Lukni Burhanudin

Tips dan Trik Membangun Bisnis dengan Digital Marketing bersama Lukni Burhanudin

(Humas Unjani) – Crisis Center Universitas Jenderal A. Yani (CCU) menyelenggarakan webinar dengan tema “The Key to Build a Business with Digital Marketing – For Basic”. Webinar dilaksanakan pada hari Sabtu (18/09/2021) melalui aplikasi Zoom Meeting dan masih dalam masa perpanjangan PPKM. Kegiatan webinar ini dimoderatorkan oleh Kiki Mutiara Sariah (Mahasiswi Prodi Manajemen) dan Herizal Izzatur Rahman (Mahasiswa Prodi Psikologi) serta diisi oleh Lukni Burhanudin, S.DS., MSM. (Praktisi Bisnis dan Dosen FEB Universitas Jenderal A. Yani) sebagai pemateri.

Acara masuk ke bagian inti yaitu paparan dari pemateri. Lukni menyampaikan bahwa perkembangan pasar digital naik sebanyak 6,3 kali lipat dalam empat tahun. “Jadi bayangkan, pasar yang tadinya mungkin belum banyak yang menggunakan, gitu ya, tapi seiring sekarang, makin kesini apalagi sekarang pandemi, semua orang mau gak mau menuntut ke dunia digital”, ujarnya. Beliau juga menekankan bahwa kita tidak boleh tertinggal dalam perubahan perkembangan pasar dan apabila kita memiliki usaha, harus masuk ke pasar digital.

Dalam berbisnis digital, Lukni menyebutkan ada banyak channel untuk dapat menjual produk diantaranya media sosial (YouTube, Instagram, Whatsapp, Tiktok), e-Commerce, influencer marketing, email marketing, dan lain-lain. Selain itu, Lukni juga menekankan bahwa kita membuat produk yang dibutuhkan oleh pasar, bukan memaksa orang lain untuk membeli produk kita.

Terdapat 8 cara dalam memulai berbisnis yang disampaikan oleh Lukni. Ke-8 cara ini antara lain, memulai sesuai dengan passion, mencari pasar dan pesaing, membuat ide, validasi pasar, analisa hasil, produksi masa, monitoring, dan peningkatan berkelanjutan.

Setelah pemaparan materi tersebut, webinar dilanjutkan dengan sesi diskusi antara pemateri dan peserta. Webinar diikuti oleh kurang lebih 130 peserta dan berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, serta umum. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai dengan yang diharapkan.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *