Mendikbud Ristek Beri Pembekalan PEKA Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani Tahun Akademik 2021/2022

Mendikbud Ristek Beri Pembekalan PEKA Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani Tahun Akademik 2021/2022

(Humas Unjani) – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Bpk Nadiem Makarim berikan pembekalan “Kampus Merdeka Merdeka Belajar” kepada Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani Tahun Akademik 2021/2022 melalui rekaman video. Dalam video tersebut beliau menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa berarti kalian memiliki kemerdekaan yang lebih luas untuk menentukan arah masa depan. “Kami di Kemendikbud-Ristek memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar prodinya atau di luar kampusnya selama 3 semester. Mahasiswa Indonesia bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengikuti program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), antara lain, magang di perusahaan atau organisasi sosial dunia, melakukan studi independen, membangun desa, melakukan riset, mengerjakan proyek kemanusiaan, merancang dan merintis wirausaha, melakukan pertukaran mahasiswa di dalam dan di luar negeri, mengajar di SD atau SMP melalui Program Kampus Mengajar. Melalui kerja sama dengan Kemendikbud Ristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), mahasiswa akan mendapatkan uang saku, selama mengikuti program kampus merdeka, beragam beasiswa gelar maupun nongelar untuk mahasiswa aktif di seluruh Indonesia, salah satunya Beasiswa Unggulan, yang bisa diikuti mahasiswa baru yang duduk di semester 1,” tutur Nadiem dalam video tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Brigjen TNI Jubei Levianto selaku Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI, menyampaikan perihal pentingnya bela negara. Bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dari berbagai ancaman.yang harus dibela adalah kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. Kita sebagai warga negara memiliki kewajiban untuk membela negara.

Pengenalan Kampus (PEKA) merupakan kegiatan awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal kampus UNJANI, Organisasi Mahasiswa (ORMAWA), dan Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (UKM KM) Universitas Jenderal Achmad Yani.  Menurut penuturan Ketua Pelaksana PEKA tahun 2021, Dhafa Arbitya (mhs. Fakultas Kedokteran Gigi 2018) saat dikonfirmasi mengatakan pelaksanaan PEKA PKKMB tahun 2021 mengambil 3 konsep besar, yakni pertama mengambil tema kebudayaan dengan tujuan menimbulkan kesan yang menyenangkan di mata mahasiswa baru, kedua mengambil konsep dari identitas UNJANI, yaitu melalui bela negara yang mana identitas tersebut sangat dekat kaitannya sebagai Universitas yang berada di bawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi (TNI AD). Dari dua garis besar tersebut, terbentuklah nama “Pusaka Nusadwipa” yang berarti keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Program-progran dalam pelaksanaan PEKA merupakan inisiasi, pemikiran kreatif dan inovasi mahasiswa sebagai wujud “kekhasan” mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani, yang mana setiap tahunnya selalu ada ide-ide baru. Pada PKKMB kali ini “Pusaka Nusadwipa”, PKKMB tahun 2020 lalu “Rasendriya”. Tema-tema tersebut murni lahir dari para mahasiswa dengan segala aktifitas didalamnya. PKKMB tahun ini lebih dibawa have fun dan nonformal, sehingga mahasiswa baru yang mengikuti rangkaian Peka PKKMB 2021 didasari rasa ketertarikan bukan kewajiban ataupun keterpaksaan, tutur Dhafa. Rangkaian PKKMB tahun 2021 pun tetap mengacu pada panduan PKKMB tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud Ristek.

PEKA juga merupakan kegiatan rutin tahunan setelah sidang senat terbuka pengukuhan mahasiswa baru. Menurut ketua pelaksana PKKMB UNJANI 2021, Agus Juwara, S.T., M.T.,  hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat memahami dan mengenali lingkungan kampus, meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air, memahami arti pentingnya pendidikan, dan terciptanya persahabatan serta kekeluargaan.

Salah satu acara  PEKA mahasiswa baru tahun 2021 ini adalah para mahasiswa baru berkesempatan untuk mengenal keluarga besar Pahlawan Revolusi “Jenderal Achmad Yani” yang kini namanya diabadikan menjadi nama sebuah universitas. Dipandu langsung oleh tiga orang putra-putri Jenderal TNI (Anumerta) Achmad Yani, yaitu Reni Ina Yuniati Yani (Yuni), Indriya Ami Rulliati Yani (Rully), serta Untung Mufreni Yani (Untung), para mahasiswa mendengarkan langsung sejarah bangsa, peristiwa G-30S/PKI, dan dapat bertanya langsung meskipun berlangsung secara virtual. Keluarga berpesan agar “Mahasiswa harus menjaga nama baik Jenderal Achmad Yani, memiliki rasa bangga dapat melanjutkan studi di UNJANI. Belajar yang baik, tekun, sehingga bisa mencapai cita-cita, ujar Untung, putra ketujuh Jenderal Achmad Yani.

Rektor Univeristas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M, Ph.D., yang berkesempatan hadir secara virtual, membuka secara resmi rangkaian kegiatan PEKA “Pusaka Nusadwipa”. Dalam sambutannya menyampaikan progress pembangunan The New UNJANI yang akan menjadi Smart Military University. Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor 1, Dr. Agus Subagyo, S.I.P., M.Si. menyampaikan paparan Bidang Akademik mengenai sistem pembelajaran dan gambaran mengenai kampus merdeka merdeka belajar di UNJANI. Wakil Rektor   Bidang Keuangan dan SDM  mengisi materi penjelasan tentang mengenai hak dan kewajiban mahasiswa serta fasilitas yang didapat, dipaparkan langsung oleh  Dr. Asep Kurniawan, S.E., M.T., ASCA, CHRA.

Penyampaian materi ditutup dengan paparan Bidang Kemahasiswaan mengenai organisasi kemahasiswaan dan kegiatannya, Bidang Penalaran, Minat dan Bakat, Bimbingan Karir, Kewirausahaan, dan Layanan Beasiswa, disampaikan oleh Wakil Rektor 3, dr. Dewi Ratih Handayani, M. Kes.

 

Penulis: Salsabyla Fitrian Shidiq (Farmasi ’19)/Winda Pramudita (Akuntansi’19)

Editor: Suhaeli Nasution/M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *