FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani Dorong Peningkatan SDM Kepala Desa dan Perangkat Desa

FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani Dorong Peningkatan SDM Kepala Desa dan Perangkat Desa

(Humas Unjani) – Sejalan dengan dengan program pemerintah dalam hal penigkatan dan pengembangan desa melalui dana desa yang bersumber dari APBN, dimana telah menunjukan manfaat dan dampak positif dalam pembangunan dan moderenisasi desa-desa, khususnya bagi desa-desa yang masih tertinggal, dirasakan sudah memberikan manfaat bagi masyarakat desa di desanya masing-masing.

Dalam menuju percepatan pemerataan kapasistas sumber daya manusia (SDM) Kepala Desa maupun Perangkat Desa dalam hal tata kelola SDM dan aset desa, diperlukan kemampuan manajerial yang sesuai dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini agar dapat selaras dengan tujuan pembangunan desa melalui dana desa. Untuk itu para dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas ilmu sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Achmad Yani melalui kegitas seminar secara online (webinar), sekiranya dapat mendorong peningkatan kapasistas pemerintah desa melalui tata kelola SDM dan aset desa agar tepat guna dan tepat sasaran. Webinar dengan tema “Peningkatan Kapasistas Pemerintah Desa Melalui Tata Kelola Sumber Daya Manusia dan Aset Desa” diselenggarakan Rabu (29/9) secara hybrid (online dan offline) oleh para dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Dekan FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani, Dr. Agus Subagyo, S.IP., M.Si., dalam laporan sambutannya mengatakan kegiatan ini diikuti sekitar 599  peserta berdasarkan data yang mengisi Google Form, yang berasal dari Kepala Desa/Perangkat Desa Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kab. Sumedang, Kab. Ciamis, Kab. Subang, Kab. Purwakarta, Kab. Karawang, Kab. Bekasi, dan dari Kab. Bengkulu Selatan. Agus berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para Kepala Desa/Perangkat Desa tentang pemahaman, pengetahuan tentang tata kelola desa. Adapun yang menjadi narasumbernya adalah Jajang Abdullah, S.Pd., M.Si., Sekretaris BPSDM Kementerian Pedesaan (Kemendes) yang menyampaikan materi tetang tata kelola SDM dalam penyelenggaraan pemerintah desa, Ir. Bambang Tirtoyuliono, M.M., Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, menyampaikan materi tentang peran SDM dalam penyelenggaraan dan pembangunan pemerintah desa, Wandiana, S.H., M.M., DPMD Kabupaten Bandung Barat, menyampaikan materi tentang strategi tatakelola keuangan dan aset desa, dan Dr. Riant Nugroho, M.Si., (Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Unjani) yang menyampaikan materi tentang tantangan dan masa depan pemerintah desa dilihat dari persepektif kebijakan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Pusat LPPM Unjani, Dr. Dadan Kurnia, S.IP., M.Si., yang juga turut memberikan sambutan mengatakan bahwa, kondisi pandemi Covid-19 ini membuat para dosen minim kegiatan dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, karena pembatasan mobilitas, ini berdampak pada terhambatnya realisasi program kegiatan yang telah direncanakan Pusat LPPM Unjani. Namun demikian melalui penyelenggaraan webinar ini kami berharap dapat memberikan pencerahan kepada para kepala desa/perangkat desa dalam fungsinya menjalankan pemerintahan desa, ungkap Dadan.

Sementara itu, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D, yang membuka kegiatan webinar secara resmi, dalam sambutannya antara lain mengatakan suatu kehormatan bagi kami diberi kesempatan dalam melakukan pengabdian pada masyarakat dimasa pandemi ini kepada para kepala desa/perangkat desa, kami dapat berbagi atau sharing ilmu pengetahuan. Sebagai akademisi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani dalam hal ini akan memberikan yang terbaik agar para kepala desa/perangkat desa dapat melaksanakan tugus dan fungsi  secara profesional ditempatnya masing-masing. Dalam kesempatan tersebut Rektor juga menyampaikan bahwa Kepala Desa/Perangkat Desa memiliki peran yang sangat penting dalam pemerintahan desa. Karena yang berhubungan langsung bertatap muka dengan masyarakat itu adalah para kepala desa/perangkat desa yang paling terdepan, ungkap Rektor. Kapasitas, modal kekuasaan, kewenangan dengan segala regulasi yang dimiliki, hendaknya di jadikan sebagai amanah untuk melakukan yang terbaik dalam menata kelola pemerintahan desa, gali potensi pemuda untuk ikut berperan aktif, kreatif dan inovatif agar desanya menjadi viral, dan jangan sekali-kali melakukan tindakan yang melanggar hukum, demikian pesan yang disampaikan rektor dalam mengakhiri sambutannya. Kegiatan yang diketuai Dr. Titin Rohayatin, S.IP., M.Si., (Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Unjani) juga turut di hadiri jajaran Wakil Dekan, Kaprodi, Sekprodi dan para Dosen terkait secara secara offline diruang multimedia lantai 3 Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP Universitas Jenderal Achmad Yani.**

Penulis: Suhaeli

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *