BEM KM Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Inaugurasi ARSAGRAHA

BEM KM Universitas Jenderal A. Yani Mengadakan Inaugurasi ARSAGRAHA

(Humas Unjani) – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Jenderal A. Yani menyelenggarakan acara inaugurasi mahasiswa angkatan 2020. Inaugurasi kali ini diberi tema ARSAGRAHA dan dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada Sabtu (09/10/2021) pagi.

Acara ini dikemas dengan webinar dan dihadiri oleh 50 lebih peserta dari seluruh Program Studi (Prodi) dan perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Jenderal A. Yani. Dalam kegiatan webinar, diisi oleh dua pemateri yaitu Feby Sabila Prasayundari, S.Farm (mahasiswi berprestasi Fakultas Farmasi Universitas Jenderal A. Yani) dan Presiden Mahasiswa BEM KM Universitas Jenderal A. Yani, Maulana Kusuma.

Materi yang disajikan pada webinar ini dibagi menjadi dua bagian, yakni Berkuliah di Masa Pandemi, disampaikan oleh Feby Sabila Prasayundari, S.Farm, dan Manajemen Waktu dalam Berkuliah dan Berorganisasi, disampaikan oleh Maulana Kusuma. Penyampaian materi ini dipandu juga oleh moderator, yakni Eunike Sarah Solla Gracia, staff acara inaugurasi ARSAGRAHA.

Dalam penyampaian presentasinya, pemateri pertama membahas perkuliahan pada masa pandemi Covid-19. Sejak Indonesia terinfeksi virus Covid-19 pada 2 Maret 2020, tidak lama kemudian, pemerintah meniadakan sementara pembelajaran tatap muka mulai dari level TK, SD hingga Perguruan Tinggi. Semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dan dari rumah masing-masing.  Terdapat beberapa dampak positif dari pandemi Covid-19 dan juga pembelajaran online. Antara lain, lebih dekat dengan keluarga, waktu belajar fleksibel, polusi udara berkurang, dan memiliki waktu untuk berolahraga.

Selanjutnya materi dari Presiden BEM KM Universitas Jenderal A. Yani. Organisasi adalah suatu wadah perjuangan bersama untuk mencapai tujuan bersama. Syarat berdirinya suatu organisasi yakni memiliki aturan, memiliki tujuan, memiliki pemimpin, dan memiliki anggota. Maulana juga mengungkapkan, mahasiswa harus bisa memilih mana yang prioritas dan urgent, prioritas tetapi tidak urgent, bukan prioritas tetapi urgent, dan bukan prioritas dan tidak urgent dalam mengatur waktu antara kuliah dan berorganisasi.

Selain materi webinar, acara puncak inaugurasi 2020 menampilkan cuplikan kreativitas mahasiswa-mahasiswi angkatan 2020. Mayoritasnya, para mahasiswa-mahasiswi menyanyikan lagu-lagu nasional dan diiringi oleh alunan musik. Acara inaugurasi ARSAGRAHA ditutup dengan foto bersama dan acara selesai dengan baik, sesuai dari rencana yang dibuat.

 

Penulis: M. Ismail Mangkusubroto

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *