Kelulusan UKMPPD FK Universitas Jenderal Achmad Yani Capai 92 Persen, 93 Dokter Baru Ucapkan Sumpah

Kelulusan UKMPPD FK Universitas Jenderal Achmad Yani Capai 92 Persen, 93 Dokter Baru Ucapkan Sumpah

(Humas Unjani) – Untuk menjadi dokter, mahasiswa kedokteran harus menyelesaikan studinya di tahap sarjana dan profesi dokter. Dalam tahap profesi, para mahasiswa ini bertugas di RS pendidikan serta fasilitas kesehatan lainnya. Pada akhirnya, seluruh mahasiswa tahap profesi harus lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Tahap Profesi (UKMPPD) yg diselenggarakan di tingkat nasional. Pada tahun akademik 2021/2022 FK Unjani berhasil meluluskan lebih dari 90% mahasiswanya dalam UKMPPD sehingga dilaksanakan kegiatan Angkat Sumpah dan Penyerahan Ijazah Profesi Dokter pada tanggal 11 Oktober 2021 lalu.

Wakil Dekan 3 FK, dr. Sylvia Mustikasari, Med. Ed., selaku ketua penaggungjawab acara tersebut dalam laporannya mengatakan bahwa pada tahun akademik 2021/2022 ini kembali FK Unjani dengan penuh sukacita dan bangga meluluskan 93 dokter baru. Mereka merupakan lulusan dengan nomor urut 2559 – 2652, yang terdiri atas 75 orang wanita dan 18 orang pria.

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran Brigjen TNI (Purn.) Dr. Sutrisno, dr., S.H., MARS., M.H.Kes., dalam sambutannya mengatakan bahwa kelulusan 93 profesi dokter baru tersebut merupakan hasil ukmppd periode Agustus tahun akademik 2021/2022, dan Alhamdulillah mencapai 92 persen lebih, (diatas rata-rata nasional). Tentunya ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi FK Unjani, ungkap Beliau. Upacara angkat sumpah ini merupakan salah satu bagian akhir dari rangkaian proses akademik bagi mahasiswa kedokteran sebagai tanda kelulusan. Pada pelaksanaan kali ini masih dalam kondisi pandemi covid-19, jadi tetap diadakan secara hybrid (daring dan luring), namun kehadiran secara luring lebih banyak dari pada daring, namun tetap dalam kerangka Prokes C-19 yang sangat ketat sebagaimana himbauan pemerintah. Melandainya grafik kasus covid-19 diberbagai daerah di Indoinesia menunjukan keberhasilan pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19 dalam menerapkan prokes dan pelaksanaan vaksinasi. Namun demikian, meskipun sudah vaksin kita harus tetap melaksanakan prokes agar semakin terus membaik, sehingga kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) baik di sekolah-sekolah maupun dikampus-kampus dapat dilaksanakan, tentunya sesuai dengan himbauan pemerintah, ungkap Sutrisno saat dikonfirmasi. Sutrisno juga berpesan kepada lulusan dokter baru agar bersungguh-sunguh dalam menjalankan profesi dan berpegang teguh kepada sumpah yang telah diucapkan.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D., dalam sambutannya memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat dan sukses kepada 93 orang lulusan dokter baru dan kepada orangtua, yang dengan sabar setia mendampingi dan menanti sekian lama, hingga pada hari ini putra putrinya berhasil meraih cita-cita. Teruslah belajar, dan mengupdate ilmu pengetahuan, serta peka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang ilmu kedokteran Kesehatan terkini. Jadilah dokter yang berprestasi dan berkarya ditengah masyarakat, menghormati dan menghargai jasa orangtua, dan ketika kelak telah sukses nanti tidak melupakan almamater Universitas Jenderal Achmad Yani. Kepada para pimpinan fakultas kedokteran beserta jajaran dan sivitas akademika dan semua pihak, saya selaku pimpinan mengucapkan terima kasih atas bimbingannya hingga dapat mengantarkan para mahasiswa berhasil meraih gelar akademik profesi “dokter”,  ucapnya.

Selain itu, rektor juga berpesan agar terus semangat untuk berkarya memberikan yang terbaik dalam membangun kemajuan pendidikan di Indonesia khusunya dalam bidang ilmu kedokteran kesehatan. Beberapa Mahasiswa/Alumni Fakultas Kedokteran telah menunjukan prestasi yang mendunia, anta lain dr. Arief telah menerima penghargaan dari Ratu Belgia atas hasil risetnya, dan saat ini sedang melanjutkan studi spesialis penyakit dalam meskipun sudah meraih Ph.D. Ada juga yang berhasil melaksanakan studi lanjut di Harvard University, dan lain sebagainya. Ini semua memberikan motivasi bagi kita untuk terus maju melakukan yang terbaik untuk Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani agar mendapat tempat terbaik ditengah masyarakat, secara nasional maupun internasional sebagai lulusan yang memiliki warna kekhasan Smart Military University. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari dokter baru kepada Rektor, Dekan, Ka Prodi, Ka Kesdam III/Slw, Karumkit Dustira Cimahi, kepada Persatuan Orangtua Mahasiswa (Poma), Ketua IKA FK, kepada BEM Fakultas dan pemasangan pin Alumni oleh Ketua IKA FK Unjani. Selanjutnya pemberian penghargaan dari Dekan Fakultas kepada lulusan peraih IPK tertinggi, dr. Regina Mega Ayu Putri Santoso, dan lulusan terbaik ukmppd peraih nilai CBT tertinggi, dr. Intan Royani oleh Wakil Dekan 2 FK dr. Daswara, Sp.S., M.Kes., serta photo bersama dengan orangtua, Ketua BPH YKEP-Unjani dan Rektor. **

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *