Persiapan Bekerja Pada Masa Pandemi bersama Rahmat Haqqi Utama

Persiapan Bekerja Pada Masa Pandemi bersama Rahmat Haqqi Utama

(Humas Unjani) – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Fakultas Sains dan Informatika (FSI) Universitas Jenderal A. Yani mengadakan webinar Career Preparation Starter Pack in Pandemic Era. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu (16/10/2021) pagi dengan menghadirkan Rahmat Haqqi Utama, S.Psi (konselor) sebagai narasumber tunggal pada kegiatan ini.

Acara masuk ke bagian inti dan merupakan presentasi dari pemateri. Hal yang dibicarakan oleh pemateri yaitu dimana 20% fresh graduate dapat bekerja dan berkinerja sesuai harapan perusahaan tanpa harus bimbingan, sisanya 30% sangat lama dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, dan 50% bekerja tapi tidak optimal. Kemudian hal yang diperlukan bagi mahasiswa yang belum lulus kuliah seperti perbanyak aktivitas non-akademik, perbanyak relasi professional, tentukan minat dan tujuan, jadilah fleksibel, dan kembangkan beberapa skill.

Kemudian bagi mahasiswa yang tingkat akhir dan hampir lulus, hal yang harus dipersiapkan dalam memasuki dunia kerja yakni membuat personal branding, kenali perusahaan dan job descriptionnya, membuat CV yang menarik, dan aktif berjejaring di sosial media.

Selanjutnya, pemateri menyampaikan tentang wawancara kerja atau job interview dimana interview ini berarti proses pertukaran informasi yang dilakukan oleh 2 pihak atau lebih. Tujuannya adalah untuk membantu calon pekerja dan perusahaan saling mengenal dan mencocokkan. Menurut Rahmat, ada 4 hal yang dinilai dalam interview yakni kemampuan, kepribadian, sikap, dan kesesuaian.

Selain itu, Rahma juga membahas tentang tipe dan tujuan interview dan bagaimana serta apa yang harus dilakukan saat melakukan interview kerja. Kegiatan yang diikuti oleh 45 peserta ini berlangsung dengan baik dan lancar. Sebelum diakhiri, terdapat sesi tanya-jawab dan kegiatan berjalan dengan interaktif.

Dari semua materi yang disampaikan oleh pemateri, secara keseluruhan sangat membantu bagi mahasiswa atau audience dalam mempersiapkan diri masuk dunia kerja.

 

Penulis: M. Ismail M.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *