FK Universitas Jenderal A. Yani Melakukan Pengabdian Masyarakat Melalui Vaksinasi Covid-19

FK Universitas Jenderal A. Yani Melakukan Pengabdian Masyarakat Melalui Vaksinasi Covid-19

(Humas Unjani) – Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal A. Yani bekerjasama dengan Keluarga Alumni Teknik Gajah Mada (KATGAMA) serta didukung oleh LPPM Universitas Jenderal A. Yani mengadakan vaksinasi massal 1500 dosis vaksin Covid-19. Vaksinasi massal ini diselenggarakan di Desa Cisondari, Ciwidey, Kab. Bandung pada Kamis (21/10) dan menarget masyarakat berusia 12 tahun ke atas.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 – 16.00 WIB bertujuan untuk memutus rantai Covid-19 di masyarakat khususnya di wilayah Kab. Bandung. Masyarakat di desa tersebut merespon dengan baik vaksinasi ini dan pada hari pelaksanaan, kuota pendaftar sudah terpenuhi.

Wakil Rektor III Universitas Jenderal A. Yani, dr. Dewi Ratih Handayani, M.Kes., berkesempatan hadir  pada kegiatan ini sekaligus mewakili Rektor, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., L.L.M., Ph.D.

Saat di konfirmasi, dr. Dewi Ratih mengatakan, “Seperti diketahui, kami memiliki Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, dan yang baru saja bergabung ke dalam Universitas Jenderal Achmad Yani, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Cimahi yang telah resmi menjadi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan. Kesemuanya merupakan rumpun bidang ilmu kesehatan, sudah semestinya kami mendukung program vaksinasi massal ini sebagai wujud keberadaan kami ditengah masyarakat. Hal ini sesuai dengan arahan Bapak KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Kartika Eka Paksi kepada Rektor Unjani agar para mahasiswa, dosen (bidang ilmu kesehatan) dapat ambil bagian dalam program ini”.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, dr. Andri Andrian Rusman., Sp.F., M.Kes. menyampaikan, “Untuk pelaksanaan gebyar vaksin ini kami bekerja sama dengan KATGAMA, RSAU dr. Nourman T. Lubis – Lanud Sulaiman Bandung, Pemerintah Desa Cisondari, dan Pondok Pesantren Teknologi Duriyat Mulia. Vaksin yang diberikan untuk masyarakat Desa Cisondaria adalah vaksin Pfizer yang diperoleh dari RSAU dr. Nourman T. Lubis – Lanud Sulaiman Bandung”.

Melalui program vaksinasi kepada masyarakat, FK Universitas Jenderal A. Yani berharap dapat membantu mewujudkan Desa Cisondari secepatnya menjadi zona hijau. Selain itu, grafik Covid-19 melandai, perekonomian bangkit, dan masyarakat Desa Cisondari dapat kembali beraktifitas yang tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan. (M. Ismail Mangkusubroto)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *