Webinar Series Vol. 4 Informatika Hadirkan Pembicara dari Singapura

Webinar Series Vol. 4 Informatika Hadirkan Pembicara dari Singapura

(Humas Unjani) – Fakultas Sains dan Informatika (FSI) Universitas Jenderal A. Yani, kembali mengadakan Webinar Series Vol. 4 – Agile Research Group Unjani pada Jurusan Informatika. Webinar ini dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada Sabtu (23/10) pagi dan membahas Solusi dan Langkah Praktis Penerapan Agile Principles di Dalam Pengelolaan Proyek Pengembangan Perangkat Lunak Modern.

Pada kesempatan ini, Jurusan Informatika mengundang Fadly Rasyad, Teal Agility Founder, dari Singapura sebagai pemateri tunggal. Selain itu, webinar ini juga dimoderatorkan oleh Kepala Agile Research Group dan dosen FSI Universitas Jenderal A. Yani, Faiza Renaldi, M.Sc.

Acara masuk ke bagian inti dan kegiatan ini dibuka oleh Asep Id Hadiana, M.Kom., selaku Sekretaris Jurusan Informatika FSI Universitas Jenderal A. Yani. Selanjutnya, acara diambil alih oleh moderator dan paparan presentasi dari pemateri dimulai.

Dalam presentasinya pembahsan pertama pembicara membahas mengenai These benefits our customers yaitu working together daily, simplicity, attention to excellence, deliver frequently, customer satisfaction, welcome change, face to face.

Menurut Rasyad, salah satu nilai yang paling penting dalam sebuah tim adalah respect. Ada 5 value yang dapat diterapkan oleh tim pada saat melakukan pengelolaan proyek pengembangan perangkat lunak yaitu courage, focus, commitment, respect, dan openness.

Kendala agile bukan pada agile practice, biasanya masalah terletak pada value. Maka dari itu, apabila hanya menggunakan practice-nya, bisa disebut dengan zombi scrum yang tidak punya value. Contohnya saat melakukan daily scrum menggunakan naskah dengan tiga pertanyaan apa yang sudah, yang belum dan yang akan dikerjakan. Artinya tim tidak memberikan value melainkan hanya menjalankan tugasnya. Tiga pertanyaan tersebut sebenarnya bisa dilihat dari backlog yang sudah di buat seperti pada Jira.

Webinar yang dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta ini berjalan dengan lancar dan interaktif. Terjadi tanya-jawab yang menarik antara peserta dan pemateri. Peserta yang hadir berasal dari civitas academica Universitas Jenderal A. Yani, praktisi, dan masyarakat umum.

 

Penulis: (M. Ismail Mangkusubroto)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *